Berbagi Takjil Sambil Bermain Angklung

Rembang – Suasana di Pertigaan PT Argawastu Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang pada Minggu sore (9/5/2021) agak berbeda. Beberapa siswa tampak memainkan musik tradisional, yaitu musik angklung sembari membagi-bagikan takjil kepada para pengguna jalan.

Alunan musik ini tentunya menjadi daya tarik sendiri bagi pengguna jalan. Suasana jalan arus cepat itu mendadak menjadi meriah dan membuat orang yang berkendara rela menghentikan laju kendaraannya demi mendengarkan musik tradisional dan tentunya mendapatkan takjil yang telah dipersiapkan.

Ya, bagi-bagi takjil ini diadakan oleh MTs Maslakul Huda, Kecamatan Sluke. Pembagian takjil dilakukan oleh siswa-siswi madrasah, mulai dari proses pembungkusan takjil hingga pembagian kepada warga pengguna jalan.

Ketika melakukan aksi membagikan takjil siswa-siswi tampak semangat. Sebagian siswa lainnya memainkan musik angklung yang mereka telah pelajari dengan mengikut kegiatan ekstra kulikuler madrasah.

Kepala MTs Maslakul Huda Sluke, Sumardi mengatakan, pembagian takjil ini bersumber dari infaq guru dan karyawan madrasah. Sementara sebagian peserta didik dilibatkan dalam pendistribusiannya.

Sumardi mengatakan, kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun ini bertujuan untuk melatih kepekaan sosial siswa kepada masyakarat, utamanya di bulan Ramadan. “Dengan kegiatan ini, kami berharap siswa bisa mengambil pelajaran bahwa Ramadan merupakan waktu yang istimewa untuk melatih kepekaan sosial dengan berbagi kepada sesama,” ujar Sumardi.

Sumardi menyampaikan terima kasih atas partisipasi guru dan karyawan, dan juga siswa sehingga acara bagi-bagi takjil ini bisa berlangsung lancar dan sukses. — iq