Berharap Memiliki Ijazah SD, Wariyah Ikut Kejar Paket A Meski Usia Sudah Lanjut

Tegal – Demi lulus pendidikan setara SD dengan mengharap sebuah ijazah, beberapa pengasong Terminal Bus Tegal binaan PKBM Sakila Kerti antusias ikuti program kejar paket A, seperti yang disampaikan seorang penyuluh Agama Islam, Darsiti pada Jum’at Sore (04/05) di Kantor Kemenag Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut, Darsiti salah satu  tutor di PKBM Sakila Kerti mengungkapkan keprihatinanya, bahwa diantara pengasong yang ikut program kejar paket A dengan menjalani ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang bertempat di SMP 1 Kota Tegal bernama Wariyah (55), yang merupakan salah satu binaanya.

Beliau rela meninggalkan aktivitas harian, yaitu berjualan keliling naik turun bus, usia yang tidak lagi muda menyebabkan sedikit mengalami  kesulitan, terutama saat mengisi data diri di lembar jawab komputer (LJK) dengan menggunakan pensil.

Walaupun terlihat kesulitan, Wariyah mengaku tetap semangat mengikuti USBN meski usianya sudah renta,” imbuh Darsiti.

Wariyah sangat berharap bisa memiliki ijazah sekolah dasar (SD) yang sah. Dia ingin seperti cucunya yang berjumlah 5 anak yang konon sudah memiliki ijazah semua.

Pada saat selesai berjualan, dilanjut belajar baca tulis Al Qur’an di PKBM Sakila Kerti, Wariyah berharap bisa lulus ujian sesuai harapan,” kutip Darsiti saat pembelajaran berlangsung.

kesulitan yang dihadapi Wariyah justru bukan pada soal ujiannya. Dia mengaku kesulitan saat mengisi data dan jawaban pada LJK.

Ujian diikuti sekitar 118 peserta dari sembilan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dan satu sanggar kegiatan belajar (SKB). Pesertanya terdiri dari anak putus sekolah, anak jalanan dan pedagang asongan,” pungkas Darsiti. (IM/rf)