Edukasi Sholat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,-Kedungwuni — Senin (17/7/23) Dalam rangka mewujudkan visi madrasah membangun generasi sholeh–sholehah pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun 2023/2024 dibudayakan edukasi sholat. Materi edukasi sholat dilaksanakan di tengah dan akhir kegiatan. Edukasi sholat dhuha pukul 09.30 – 10.00 WIB dan sholat dhuhur berjamaah 11.30 – 12.00 WIB.

Tepat pukul 09.30 WIB peserta Matsama melaksanakan sholat dhuha. Doa sholat dhuha dibagikan dan dibaca bersama. Sholat dhuha terbagi 2 tempat yaitu putra di aula dan putri di mushola. Rokaat sholat dhuha 2 rokaat 1 kali salam. Ada yang melaksanakan 2 s.d. 8 rokaat. Fadhilah sholat dhuha yang meluaskan rezeki dipaparkan.

Sholat dhuhur berjamaah yang sudah menjadi salah satu program pembentukan karakter siswa madrasah. Setiap hari dilaksanakan warga madrasah dengan terjadwal. Senin-Rabu di mushola, Kamis dan Sabtu di Masjid Annur. Kali ini edukasi sholat dhuhur peserta Matsama dilaksanakan di mushola (putri) dan aula (putra). Edukasi sholat menjadi pondasi dasar untuk menata kehidupan lebih baik, terarah dan selalu mematuhi norma agama.

Diawali adzan yang berkumandang untuk tunaikan kewajiban. Sholawat pun membahana menembus relung hati dan menerobos dinding madrasah. Gemericik air wudhu menunjukan kesucian. Empat rokaat ditunaikan dilengkapi sunah qobliyah dan bakdiyah. Wirid dan doa pun menggema memenuhi penjuru madrasah. Doa yang dipanjatkan memohon ampunan, keimanan, keselamatan, kemudahan dan keberkahan kehidupan. Tak lupa doa untuk orang tua dan orang-orang yang dicintai selalu dipanjatkan dan memohon keridhoan.

Edukasi Sholat Menjadi Pondasi Meraih Keridhoan Allah SWT. (MC-NA/MTb/bd)