Era Gusmen, Kemenag Raih Tiga Kali WTP, Selamat!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jakarta (Humas) – Hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun 2023, Kementerian Agama Republik Indonesia kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ini kali ketiga, Kementerian Agama meraih WTP di era kepemimpinan Gus Men, panggilan akrab Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Sejak 2020, Gus Men Yaqut Cholil Qoumas telah berkomitmen untuk mewujudkan reformasi birokrasi dan perbaikan tata kelola pemerintahan (good governance). Melalui proses transformasi digital, Kemenag berubah menjadi Kementerian yang transparan, dengan layanan yang murah, cepat, dan akuntabel. Hasilnya tak mengecewakan, Kemenag meraih WTP setiap tahunnya.

“Alhamdulillah, kita cetak hattrick. Secara berturut-turut, selama saya memimpin Kemenag, BPK memberi opini WTP atas laporan keuangan 2021, 2022, dan 2023,” terang Menag usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKKA Tahun 2023 dari Anggota V BPK Ahmadi Noor Supit di Jakarta, Senin (15/7/2024).

Gus Men menghaturkan terima kasih kepada BPK RI yang telah membantu melakukan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran di Kemenag. Sehingga, Kemenag dapat konsisten melakukan pengelolaan keuangan negara yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad mengucapkan selamat atas prestasi dan capaian luar biasa yang diraih Kementerian Agama. Menurutnya, capaian WTP berturut-turut menjadi cermin institusi dalam melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel.

“Luar biasa! Satu komando, satu garis lurus di bawah kepemimpinan Gus Men. Seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama akan terus berkomitmen mendukung terwujudnya prinsip-prinsip tata kelola keuangan negara yang baik sehingga kita dapat terus membaik dari hari ke hari,” tutur Musta’in. (PS/BEL)