Gladi Bersih ANBK MTs Tahun 2023 se-Kab. Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KAJEN — MTs se-Kabupaten Pekalongan mulai Senin Tanggal 11 hingga Kamis 14 September 2023 melaksanakan Gladi Bersih Asesmen Nasional SMP/MTs Tahun 2023. Berbeda dengan sebelumnya saat Simulasi, Gladi Bersih ini diikuiti oleh seluruh peserta yang sudah menjadi sampling peserta ANBK.

Kasi Pendidikan Madrasah Bapak Gunawan, SH ketika di temui tim Humas menyampaikan bahwa yang ikut ujian gladi bersih ini adalah seluruh madrasah tsanawiyah yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan, oleh karena itu Gunawan meminta kepada siswa yang terpilih untuk mengikuti Asesmen Nasional untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.
“Ikutilah gladi bersih ini dengan baik, karena pelaksanaan gladi bersih ini untuk mengenal bentuk soal-soal pada Asesmen serta menguji kemampuan mengenal literasi dan numerasi. Semoga gladi bersih ini berjalan sesuai yang diharapkan,” kata beliau.

Sementara itu Koordinator Tim Teknis Asesmen Nasional, Kindro Dwi Raharjo, S.Pd., MM menyampaikan bahwa sebagai penyelenggara, jauh sebelumnya telah mempersiapkan infrastruktur yang berkaitan dengan kegiatan Asesmen Nasional. Komunikasi dan koordinasi yang intens dengan beberapa pihak terkait menjadi kunci utama suksesnya kegiatan ini. “Dengan demikian setiap informasi segera ditindaklanjuti,” Ucapnya

Sementara itu Koordinator Tim Teknis Asesmen Nasional jenjang MTs menjelaskan bahwa untuk gladi bersih akan diikuti 1.420 siswa MTs se-Kab. Pekalongan dengan peserta tersampling 50 siswa dengan rincian 45 sebagai peserta utama dan 5 siswa sebagai cadangan yang kesemuanya adalah siswa kelas 8. Sedangkan jadwal pelaksanaan mulai 11-14 September dengan 2 gelombang satu sesi.
“Kegiatan gladi bersih Asesmen Nasional ini siswa akan mengerjakan 3 subtes, yaitu sub Test 1 adalah latihan, sub Test 2 literasi membaca dan sub Test 3 survey karakter dengan durasi 120 menit,” jelas Ahmad Yusril Fahmi.

Dalam pantauan, bahwa pelaksanaan gladi bersih ANBK tahun 2023 pada hari pertama berjalan dengan baik dan lancar. Para peserta juga penuh semangat dan optimis serta antusias mengikuti gladi bersih yang sedang berlangsung (Kdr/Mtb/bd)