GPAI SDI Darul Huda Bekali Siswa dengan Amalan Sunah Zulhijah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kamis (22/6/2023), Guru Pendidikan Agama Islam SDI Darul Huda melaporkan kepada Pengawas PAI Kankemenag Kota Semarang, bahwa pagi ini telah memberikan pengarahan dan amalan awal bulan Zulhijah kepada peserta didik. “Alhamdulillah di pagi yang cerah ini, kami telah memberikan pengarahan dan amalan awal bulan Zulhijah kepada anak-anak,” lapornya melalui pesan whatsapp kepada Faojin selaku Pengawas PAI setempat.

“Kami sampaikan kepada siswa-siswi, bahwa Zukhijah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Kami menerangkan kepada mereka peristiwa yang terjadi di bulan tersebut,” sambungnya.

Ia berujar, siswa yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut adalah siswa kelas 3, 4, dan 5. “Kami ajak anak-anak kelas 3, 4, dan 5, untuk mempersiapkan diri melaksanakan ibadah sunah di bulan Zulhijah yaitu, puasa tarwiyah pada 8 Zulhijah atau 27 Juni, puasa arofah pada 9 Zulhijah atau 28 Juni, dan salat Idul Adha pada 10 Zulhijah atau 29 Juni 202, serta berkurban di hari tasyrik bagi yang berkemampuan. Kami terangkan kepada mereka tentang hikmah puasa tarwiyah dan arofah, serta kurban,” terangnya.

“Kami ajarkan kepada peserta didik temtang niat puasa tarwiyah dan arofah, serta niat dan praktik salat Idul Adha. Kami juga mengajak mereka untuk melakukan zikir dan bertakbir dari mulai subuhnya arofah sampai asarnya tasyrik atau 13 Zulhijah yang jatuh pada 2 Juli 2023,” imbuhnya.

Ia berharap, amalan sunah tersebut dilakukan oleh siswa-siswi SDI Darul Huda, meskipun telah memasuki masa libur sekolah. “Semoga pelajaran tambahan yang kami sampaikan dan ajarkan kepada anak-anak bermanfaat, dan membawa keberkahan. Amin,” pungkasnya.(Faojin/NBA/bd)