Jemaah Haji Harus Periksa Ke Puskesmas Jika Alami Gejala Ini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Jemaah haji Embarkasi Solo sudah mulai datang ke tanah air sejak 23 Juni 2024. Sepulang di rumah, apabila jemaah haji mengalami gejala-gejala sakit tertentu, maka diimbau untuk segera periksa ke Puskesmas setempat.

Koordinator Poliklinik Embarkasi Solo Purwaningsih mengatakan, apabila dalam jangka waktu 21 hari sejak kedatangan di Embarkasi Solo jemaah haji mengalami gejala-gejala sakit, maka jemaah harus segera ke Puskesmas setempat.

“Beberapa gejala tersebut contohnya panas, demam, batuk, pilek, sesak nafas, pusing, kaku duduk, nyeri otot, kemerahan di mata, wajah dan lidah, mual/muntah, hilang nafsu makan , diare, atau gelaja lainnya. Jika menderita itu, segera periksa ke Puskesmas terdekat,” kata Purwaningsih, Sabtu (29/6/2024).

Pemeriksaan akan gejala ini, kata Purwaningsih, karena Arab Saudi adalah negara endemis. Dan berbagai penyakit menular bisa jadi miliki ketika kembali ke Indonesia. “Jemaah haji sudah mengalami perjalanan di luar negeri Arab Saudi yaitu di daerah endemis. Karena itu, penting bagi mereka untuk waspada. Bisa jadi saat pulang jemaah haji membawa kuman, bakteri, virus sebagai penyebab penyakit menular. Dan gejala itu sebagai tanda-tanda awal penyakit menular,” terang Purwaningsih.

Dengan semakin dini melaporkan dan memeriksakan ke Puskesmas terdekat, maka kesehatan jemaah akan terjamin. Semoga jemaah haji Indonesia senantiasa diberikan kesehatan dan menjadi haji yang mabrur. – iq/at