Manasik Haji MIN 1 Rembang, Siswa Terapkan Praktik Haji dan Fun Learning

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MIN 1 Rembang — Sebanyak 92 peserta manasik dari MIN 1 Rembang, yang terdiri dari 66 siswa- siswi kelas 5 dan 26 guru pendamping mengikuti outing class Manasik haji ke Fatimah Az-Zahra Gunung Pati Semarang. Kegiatan yang dilangsungkan pada Jumat 19Mei 2023.

Manasik Haji di Fatimah Zahra ini adalah peragaan ibadah haji sesuai dengan ketentuan-ketentuannya dengan setting yang dibuat mirip dengan tanah suci. Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan agar siswa memiliki keterampilan teknis pelaksanaan ibadah haji dan umroh. Siswa secara jelas tahu replika ka’ bah, replika masjid Nabawi di area Fatimah Az-Zahra Gunung Pati Semarang.

“Siswa-siswi madrasah tentu sudah memahami ketentuan dalam ibadah haji seperti yang sudah disampaikan guru dalam pembelajaran.
Namun agar siswa mampu menguasai materi secara teori dan praktik, maka MIN 1 Rembang mengadakan kegiatan manasik haji,” kata Fahimi.

Berlangsung selama kurang lebih 3 jam, manasik dipimpin oleh Ustadz H. Fahimi, H. Suwandi, Hj. Yuni, Hj. Siti Masy’udah.
Para siswa, dan guru pendamping mengenakan busana putih-putih. Nampak beberapa siswa juga mengenakan pakaian ihram.
Selain kegiatan Manasik Haji Siswa-siswi juga pembelajaran pengenalan Wisata religi ke maqam Sunan Kalijaga.

“Manasik ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberi gambaran teknis pelaksanaan ibadah haji,” lanjut Fahimi.

Fahimi berharap, siswa lebih menguasai materi haji karena sudah melakukan praktik tawaf, sa’i, melempar jumrah, dan lainnya. “Dengan manasik haji ini, kami harapkan akan tumbuh keinginan untuk mampu menyempurnakan rukun Islam dengan melaksanakan ibadah haji,” sambungnya.

Eka Matif selaku Ketua Panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Segenap Dewan Guru pendamping serta wali siswa atas partisipasinya. ” dan terimakasih kami ucapkan kepada wali murid atas dukungan moril di kegiatan ini. “Alhamdulillah, kegiatan outing class manasik haji berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.(iq/rf)