Organisasi Kesiswaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, KEDUNGWUNI — Jumat (8/9/23) Paparan organisasi kesiswaan diikuti peserta didik kelas X MAN Pekalongan yang mengikuti rangkaian kegiatan Kemah Bakti OSIS (KBO) dan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) pukul 10.00 – 11.00 WIB di aula Islamic Centre Kedungwuni. Rangkaian paparan materi organisasi kesiswaan disampaikan oleh Hj. Umi Hani, S.Pd selaku Pembina OSIS berjalan lancar. Selingan es breaking dengan aneka tepuk mampu menggugah motivasi seluruh peserta larut mengikuti materi organisasi kesiswaan.

Pada kesempatan ini Hj. Umi Hani, S.Pd memaparkan materi organisasi kesiswaan. Diawali perkenalan ketua OSIS dan pengurus inti. Selanjutnya Ketua MPK dan pengurus inti. Momen perkenalan ini berjalan gayeng. Antusias mengenal pengurus OSIS dan MPK menjadi magnet peserta.

Hj. Umi Hani, S.Pd selaku pembina OSIS menguraikan tentang OSIS dan MPK. OSIS merupakan organisasi siswa intra sekolah yang diakui secara legalitas sebagai wadah pengembangan diri siswa untuk berorganisasi. Nilai-nilai karakter dan kemandirian senantiasa diajarkan. Struktur OSIS meliputi ketua, sekretaris, bendahara dan 10 sekbid diurai lengkap secara rinci tupoksinya. Bahkan untuk lebih mengenal dekat OSIS dipaparkan pula arti lambang OSIS secara detil. Sedangkan MPK merupakan Majelis Perwakilan Kelas yang secara struktur memiliki kesamaan dengan OSIS. MPK berisi perwakilan kelas yang ikut membantu dan mengawasi pekerjaan pengurus OSIS. Selama ini MPK dan OSIS berjalan secara selaras, serasi dan seimbang serta mengedepankan kerja sama.

Menjadi pengurus OSIS dan MPK harus melalui demokrasi pemilihan secara langsung, umum, bebas dan rahasia. Kebanggaan menjadi pengurus belajar berorganisasi menuju peserta didik mandiri dan berprestasi.

(MC-RIP/MTb/bd)