Peserta KSM MA Semangat Meraih Juara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2023 kembali digelar pada tanggal 5-6 Agustus 2023. Pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan di kabupaten/kota masing-masing dan untuk Kabupaten Pemalang dipusatkan di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Pemalang. KSM dimulai untuk jenjang MA yang diikuti oleh 30 peserta untuk enam mapel yang dilombakan yakni Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terintegrasi, Ekonomi terintegrasi dan Geografi terintegrasi pada Sabtu (5/8/2023).

Para peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti KSM ini. Mereka didampingi oleh kepala madrasah dan guru pembimbing. Semangat peserta seperti warna seragam yang dikenakan, merah. Warna merah identik dengan keberanian, kekuatan, gairah, energi serta kegembiraan untuk melakukan kegiatan. Semangat ini juga didukung oleh kepala madrasah yang hadir. Jazuli, Kepala MA Al Mizan Kalimas Kec. Randudongkal menyampaikan tetap semangat menunggu dua orang peserta yang mengikuti KSM mapel Matematika terintegrasi di sesi 1 dan mapel Geografi terintegrasi di sesi 3. “Saya mengirimkan dua peserta di sesi satu dan sesi tiga. Semangat menunggu mereka,” ungkap Jazuli.

Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Khabibur Rokhman saat melakukan monitoring pelaksanaan KSM hari pertama untuk jenjang MA menyampaikan ucapan syukur atas pelaksanaan KSM yang bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala meskipun ada peserta yang datang terlambat. Khabib mengingatkan agar peserta KSM berikutnya agar bisa hadir lebih awal, paling tidak 20 menit sebelum dimulai.

“Usahakan untuk jenjang MI dan MTs pada hari kedua agar peserta hadir 20 menit sebelum mulai tes. Jangan sampai terlambat di Kemenag”, ujarnya. “Dengan hadir lebih awal, maka peserta akan lebih tenang dan tidak grogi,” lanjutnya.

Sementara saat menjumpai salah beberapa peserta KSM, Kasi Penmad menanyakan tingkat soal KSM saat ini. Mereka menjawab tingkat soal berbeda dengan soal-soal sebelumnya dan agak sulit. “Soalnya berbeda dan susah,” kata salah satu peserta. Namun mereka tetap optimis untuk meraih juara di tingkat provinsi.

Di tempat terpisah, Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang, Roziqun saat dihubungi menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua madrasah yang telah ikut dalam KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kakankemenag mendoakan agar peserta KSM dari Kabupaten Pemalang meraih juara dan tetap semangat dalam berkompetisi. “Selamat berkompetisi, kami berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan melahirkan para juara. Kami sangat berharap sampai pada KSM Tingkat Nasional di Kendari. Sukses selalu!” kata Roziqun. (hbb/fi/rf)