Rakor Evaluasi Serapan Anggaran Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah melakukan Rapat Koordinasi Evaluasi Serapan Anggaran tahun 2022, bertempat di lantai 4 Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN 1 Surakarta, selasa (24/5/2022). Rapat dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad. Rapat ini sebagai langkah memperkuat sinergi dan koordinasi di bidang pelaksanaan anggaran, serta membahas isu terkini di bidang perbendaharaan khususnya terkait evaluasi kinerja, tantangan, dan strategi untuk mewujudkan pelaksanaan anggaran yang berkualitas.
Selain itu sebagai evaluasi serapan anggaran triwulan ke 2.

Rapat dilakukan rutin dengan tujuan untuk memantau kinerja anggaran baik secara internal dan koordinatif dengan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Adapun hal yang dibahas yakni terkait dengan realisasi serapan anggaran Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Jawa Tengah.

“Perguruan tinggi keagamaan negeri segera menggunakan anggaran dari pemerintah yang diberikan kepada Kementerian Agama secara efektif sehingga masyarakat segera menerima manfaat dari penggunaan anggaran tersebut” ujar Musta’in Ahmad dalam sambutannya.

Musta’in Ahmad menambahkan bahwasannya target instruksi serapan anggaran sampai bulan Juli adalah 75%, sehingga untuk menjalankan instruksi tersebut maka perlu melakukan upaya maksimal dengan inovasi dan strategi yang strategis. Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Jawa Tengah juga akan mengadakan evaluasi akhir pada bulan Agustus, sehingga akan segera menyelesaikan tugas dan pekerjaan secepatnya.

Pendek kata apabila semua kegiatan yang telah dirancang akan dicoba ditarik ke depan, anggaran yang telah digunakan untuk kegiatan dan pembayaran honor maka dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(APBN) yang ada di Kemenag kemudian segera sampai di tangan masyarakat. Sehingga akan menggerakkan ekonomi yang sudah 2 tahun terganggu karena pandemi. Maka ini kesempatan untuk tancap gas ambil momentum untuk bangkit bersama melalui pelaksanaan kegiatan anggaran di Kementerian Agama.

Pada kesempatan itu, Kemenag Provinsi Jawa Tengah mendalami berbagai opsi untuk menangani perencanaan serapan anggaran tahun 2022 dengan para tamu undangan yakni semua para pejabat yang mengelola anggaran dari 7 PTKN se-Jawa Tengah. Sebagai informasi, 7 PTKN se-Jawa Tengah yang mengikuti rapat yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, UIN Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Saifudin Zuhri Purwokerto, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, dan Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri. (My/bd)