Sippa Dhamma Samajja 2023 Resmi ditutup, Jateng Berhasil Raih Juara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surabaya (Humas)- Kotingen kebanggaan Jawa Tengah kembali menorehkan prestasi luar biasa dalam Sippa Dhamma Samajja (SDS)  Tingkat Nasional ke IX tahun 2023 di Surabaya Provinsi Jawa Timur. Kontingen Jawa Tengah berhasil meraih Juara I Dhamma Vijja tingkat SMA, Juara II Dhamma Gita Putra tingkat SMP, Harapan II Dhammapada tingkat SMA/SMK, Harapan II Dhammakkhayika tingkat SD serta Pemenang Video Defile ter-Rapi.

SDS Nasional tahun 2023 secara resmi ditutup oleh Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Buddha Kementerian Agama Supriyadi pada Kamis malam (22/06/23). SDS berlangsung di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada 19-23 Juni 2023.

SDS merupakan program Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI. Ajang kompetisi dan edukatif untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kreativitas, dan pemahaman siswa-siswi buddhis dari 34 provinsi se-Indonesia terhadap ajaran Buddha. Mengangkat tema “Mantap, Unggul, dan Berkarakter (Mantul Rek!)”.

“Selamat kepada para pemenang baik masing masing lomba maupun juara umum yang telah membawa pulang piala bergilir Menteri Agama atas Sippa Dhamma Samajja ke-9 tahun 2023. Mari kita maknai kegiatan ini dengan sebuah komitmen agar apa yang kita lakukan memberikan kemajuan bagi perkembangan Buddha Dhamma di tanah air,” lanjut Dirjen.

SDS IX mempertandingkan enam kategori lomba masing-masing tingkatan SD, SMP dan SMA, yaitu : Dhamma Gita (Menyanyi Lagu Rohani Buddha), Dhammavijja (Cerdas Cermat), Dhammavikata (Cerita Bergambar), Dhammapada (Melafal Syair Dhammapada), Dhammakatha (Pidato Buddhis), dan Dhammakkhayika (Bercerita Buddhis). Kontingen Sulsel mengikuti 20 jenis lomba dari total 21 jenis lomba yang dipertandingkan.

“Ini jadi moment yang baik untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi pada peserta didik kita. Selamat anak-anakku semua, kalian membanggakan!, tutur Karbono Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Prov. Jateng ketika membersamai kontingen Jawa Tengah pada penutupan SDS Nasional tahun 2023. (ps/rf)