081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Siswa RA PALMA Kunjungan Belajar Ke Masjid Al Hidayah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Pendidik Raudhatul Athfal Paripurna Al Ma’shum Surakarta (RA PALMA) mengajak siswanya untuk melakukan kunjungan belajar secara langsung sebagai penguatan tema Lingkunganku yang Islami, subtema Masjidku. Masjid yang dikunjungi adalah Masjid Al Hidayah, Clolo, Banjarsari, Surakarta. Siswa kelompok A dan tamain melaksanakan kegiatan ini pada Rabu (26/10/2022), sedangkan siswa kelompok B pada Kamis (27/10/2022). Kunjungan belajar di masjid Al Hidayah yang diikuti oleh siswa dan pendidik ini, tidak hanya dikenalkan dengan masjid, tetapi juga ada muatan pembentukan karakter pada diri anak. “Selama sepekan ini, anak-anak mendapatkan materi pembelajaran tentang masjid.” Ujar Wali kelompok A1, Warida Sari Hastani.

Ida, panggilan Warida Sari Hastani, menjelaskan bahwa anak-anak diajak berkunjung ke masjid Al Hidayah untuk dikenalkan dengan fungsi masjid, adab-adab di masjid, bagian-bagian masjid, seperti tempat wudhu, tempat sholat, kotak infak, mimbar, dan manfaatnya, juga sholat dhuha berjamaah. Anak-anak sangat antusias belajar mengenal masjid secara langsung. “Selama sepekan ini kami memberikan cerita tentang masjid hanya dengan gambar, sekarang kita mendatangi masjid secara lansgung. Anak-anak bisa secara nyata melihat, memegang, praktik, dan bisa merasakan suasana di masjid juga menerapkan adab-adab di masjid.” imbuhnya. Ida berpesan kepada orangtua untuk membiasakan anak-anak ke masjid supaya anak-anak mencintai masjid sejak dini. “Anak-anak berjalan bersama orangtua ke masjid, dia akan tumbuh menjadi anak yang tawadhu’, sehat, smart, dan taat.” Pungkasnya.

Pengawas RA Banjarsari, Sarkin saat dihubungi menyatakan bahwa hari ini masjid Al Hidayah tampak ramai dengan anak-anak, “Ternyata ada kunjungan siswa dari RA PALMA” tuturnya. Sarkin melanjutkan bahwa siswa RA PALMA yang terdiri dari Kelompok Tamain, kelompok A, dan kelompok B sedang mengadakan kegiatan outing class untuk pengenalan lingkungan tempat Ibadah (Masjid). Tempat ibadah/Masjid diperkenalkan sedini mungkin agar supaya tahu dan mencintai tempat Ibadah. Sarkin berharap kelak siswa RA Palma menjadi generasi yang mencintai tempat ibadah/masjid berarti mau merawat, menjaga, dan memakmurkannya dengan selalu shalat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya. (Iba/bd)

Skip to content