Wapres Harap Layanan Fast Track Jemaah Haji Indonesia Ditambah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan Makkah Route yang dikenal dengan fast track atau jalur cepat bagi jemaah calon haji (JCH) di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2024).

“lndonesia mendapatkan fast track Makkah Route pada pengurusan jemaah calon haji. Satu-satunya negara yang dapat tiga embarkasi itu Indonesia, di mana yang mendapatkan keistimewaan, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Solo,” kata Wapres saat meninjau layanan fast track di Embarkasi Solo.

Menurutnya, keberadaan fast track ini merupakan hasil hubungan baik antara Indonesia dan Arab Saudi.  Selain itu, karena hubungan baik tersebut, Indonesia juga mendapat tambahan kuota 20 ribu jemaah.

Wapres juga mengharapkan layanan fast track tersebut dapat diperluas ke lebih banyak bandara di Indonesia pada tahun mendatangHal ini lantaran dapat memberi efisiensi waktu yang menguntung bagi JCH.

“Kita harapkan nanti tahun depan itu bukan hanya tiga bandara tapi bisa ditambah lagi. Dengan adanya fast track ini, pemeriksaan hanya memakan waktu 5 menit paling lama. Bayangkan ini menjadi kemudahan untuk jemaah calon haji,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi, Dirjen Imigrasi Kerajaan Arab Saudi, Sulaiman bin Abdul Azizi, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, sejumlah Staf Khusus Menag, dan Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Musta’in Ahmad. 

(PS/BEL)