Berkompetisi , Ratusan Siswa Antusias Ikuti KSM Kabupaten

BLORA – Ratusan siswa dari tingkat MI,MTs, MA seKabupaten Blora dengan penuh antusias mengikuti ajang perlombaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  Tingkat Kabupaten Blora yang diselenggarakan selasa (25/4) kemaren  di MAN Blora.

Kasi Pendidikan Madrasah Parmono menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi siswa untuk berprestasi, mengembangkan dan  bersaing di  bidang sains, dan menyiapkan peserta untuk berlomba mengikuti KSM tingkat propinsi Jateng.

menurutnya meskipun tidak teralokasi dalam anggaran DIPA Kankemenag Blora, kegiatan bisa terselenggara dengan baik atas swadaya dari Kelompok Kerja Madrasah (KKM) baik MI,MTs maupun MA sekabupaten Blora.

“kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi siswa dalam menumbuhkan semangat belajar untuk lebih meningkatkan prestasi akademik dan siswa juga terbiasa untuk berkompetisi secara sehat dengan sekolah lainnya”ujarnya.

Dalam KSM tahun 2017 tersebut terdapat beberapa cabang lomba yang diikuti siswa antara lain untuk tingkat MI cabang lomba matematika dan IPA, tingkat MTs matematika,Fisika dan biologi,dan tingkat MA cabang lomba matematika,kimia, fisika,ekonomi, biologi, dan geografi.

Adapun jumlah siswa MI yang mengikuti lomba IPA sebanyk 61 siswa, lomba matematika 60 siswa, siswa MTs yang mengikuti lomba matematika 54 siswa, biologi 54 siswa dan fisika 54 siswa dan ratusan siswa MA yang berkompetisi dalam lomba.

“kami berharap siswa bisa terlatih untuk berkompetisi serta akan berusaha mempersiapkan diri untuk tampil memberikan yang terbaik pada lomba KSM Tingkat Propinsi nantinya” jelasnya

’’Bagi para pemenang akan mendapatkan trofi, piagam dan uang pembinaan serta berhak maju ke kompetisi tingkat provinsi,’’ ucapnya.

Dalam pembukaan KSM Kabupaten, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar, SH,MH menyampaikan bahwa kegiatan KSM diharapkan berjalan lancar, himat dan bisa bermanfaat bagi siswa madrasah se-Kabupaten Blora.

Nuril juga mengharapkan melalui KSM siswa siswi madrasah bisa mengembangkan diri dengan baik melalui bakat dan minatnya di bidang sians, serta belajar berkompetisi secara sehat dan bisa menjadi anak yang sehat jasmani, soleh dengan prestasi yang berguna bagi agama, lingkungan , nusa dan  bangsanya.

Pihaknya berharap supaya para pengawas, Kepala Madrasah dan pendamping siswa bisa memberikan  dorongan dan motivasi agar ke depan prestasi siswa siswi bisa berhasil lebih baik lagi.

“melalui perlombaan ini menjadi upaya untuk memunculkan bibit sumber daya anak bangsa  yang berkualitas yang diharapkan akan membawa nama baik untuk pembangunan daerah dan sebagai bahan evaluasi atas kualitas prestasi siswa madrasah yang sangat signifikan efek positifnya terutama perkembangan masing masing madrasah” ujarnya.

“merupakan kemulyaan yang luar biasa atas prestasi yang dicapai di tingkat Kabupaten dan semoga berhasil di tingkat selanjutnya, kami ucapkan selamat bersaing, selamat mengerjakan dengan baik” tandasnya serius.

Dengan penuh antusias dan semangat siswa mengikuti perlombaan KSM pada ruang untuk masing masing cabang lomba sesuai tingkatannya. (ima/bd)