Bertambah 3, Total Jemaah Haji SOC Wafat Menjadi 53

Boyolali – Memasuki pekan terakhir masa pemulangan jemaah haji Debarkasi Solo gelombang kedua, kembali 3 jemaah haji dinyatakan wafat dan telah dientry dalam database Sistem Informasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Generasi Kedua pada Selasa, (11/10).

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Noor Badi menyatakan bahwa jemaah haji wafat pada Debarkasi Solo kembali bertambah 3 sehingga jumlah totalnya menjadi 53, ketiga jemaah wafat di rumah sakit Arab Saudi setelah sebelumnya sempat menjalani pengobatan atas keluhan kesehatan masing-masing.

“Berdasarkan database dari aplikasi SISKOHAT update Selasa (11/10) pagi tadi, tercatat 3 jemaah haji SOC dinyatakan wafat dan menambah daftar jemaah wafat yang sebelumnya berjumlah 50, ketiganya sempat menjalani perawatan di RSAS dan akhirnya wafat pada Senin (10/10) dan semuanya berasal dari Jawa Tengah ,” urai Noor Badi.

Ketiga jemaah tersebut adalah SUMARNI PRAPTO SUYANTO perempuan (60) dengan nomor porsi 1100315108 beralamat Jl. Bima IV No. 4 Rt. 04 Rw. 01 Serengan Kota Surakarta sebab wafat Circulatory Diseases, PAINAH SARKONI MADARSAN perempuan (72) dengan nomor porsi 1100335274 beralamat Kandangwangi Rt. 02 Rw. 03 Wonodadi Kabupaten Banjarnegara sebab wafat Respiratory Diseases dan WAGIJEM NOJO MIARDJO perempuan (81) beralamat Brongkol Rt. 02 Rw. 01 Trucuk Kabupaten Klaten sebab wafat Respiratory Diseases, ketiganya berdasarkan Certificate of Death (CoD) wafat pada Senin (10/10) di Rumah Sakit Arab Saudi.

“Dengan wafatnya 3 jemaah haji tersebut maka daftar jemaah yang masih tertinggal di Arab Saudi sampai dengan kloter 62 karena sakityang semula 10 menjadi 7 jemaah, akan tetapi menambah jumlah jemaah wafat menjadi 53,” imbuhnya.

Informasi Terkini Masa Pemulangan

Selasa (11/10) Debarkasi Solo telah menerima 4 kloter, sejak pukul 00:35 WIB dini hari telah mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali kloter 59 gabungan dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Wonosobo sebanyak 356 jemaah, dilanjutkan kloter 60 dari Kabupaten Wonosobo mendarat pada pukul 03:39 WIB dengan jumlah jemaah sebanyak 360, kloter 61 dari Kabupaten Kebumen mendarat pada pukul 09:24 WIB dengan jumlah jemaah sebanyak 357 dan terakhir kloter 62 dari Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Pati mendarat pada pukul 15:40 WIB dengan jumlah jemaah sebanyak 355.

“Sebanyak 1,428 jemaah haji telah kami terima di Asrama Haji Doonohudan Boyolali sejak Selasa dini hari hingga sore tadi, melalui prosesi penyambutan dan pelepasan jemaah kesemua jemaah tersebut telah kami serahkan kembali kepada petugas daerah untuk selanjutnya dikembalikan kepada keluarga masing-masing, sehingga total jemaah haji SOC yang telah kembali dari Tanah Suci sebanyak 22,184 jemaah atau sekita 83,77% dari total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci,” tambahnya.

Sementara itu, tercatat 4 jemaah haji yang masih rujuk dan dirawat di Rumah Sakit Daerah Moewardi karena setelah tiba di Asrama Haji Donohudan jemaah memerlukan perawatan intensif terkait kesehatannya. Keempat jemaah tersebut adalah MOEDJIATI SALAMIN SOEWITO perempuan (65) kloter 43 dari Kota Semarang, KOMARI AMAT SAHLAN KARTO LAKI-LAKI (77) kloter 58 dari Kabupaten Magelang, MURSIDK MADSIDIK DULMANAH laki-laki (77) kloter 62 dari Kabupaten Kebumen dan KINI SAEKAN SUDASMI perempuan (76) kloter 62 dari Kabupaten Pati.

“Dari 4 kloter yang tiba hari ini, ada 2 jemaah dari kloter 62 yakni MURSIDIK MADSIDIK DULMANAH dari Kabupaten Kebumen dan KINI SAEKAN SUDASMI dari Kabupaten Pati harus menjalani perawatan kesehatan dan saat ini rujuk di RSD. Moewardi, sehingga jumlah jemaah yang masih dirawat di RSD. Moewardi menjadi 4,” pungkasnya. (gt/gt)