Biasakan Disiplin Shalat Tepat Waktu

Semarang – Ada yang beda dari sekolah-sekolah pada umumnya, di MTsN 1 Semarang Senin (06/03) para siswa berbondong-bondong keluar dengan membawa sajadah dan peralatan sholat tepat setelah adzan Dhuhur dikumandangkan. Ternyata para siswa akan melaksanakan Sholat Dhuhur berjamaah di Mushola MTsN 1 Semarang.

Hal ini dilakukan guna memberikan pelajaran disiplin sholat tepat waktu, merupakan program dari Kepala Madrasah Mudlofir. Mudlofir menegaskan, “Pendidikan Agama itu bukan sekedar diajarkan akan tetapi diberikan contoh yang baik dan dilakukan secara rutin terus menerus dan tepat waktu, jadi para siswa lulus dari madrasah bukan hanya baik secara akademik, tetapi baik secara moral dan perilaku.”

Sekitar lebih dari 500 siswa terlihat hingga berada diluar area Mushola dikarenakan keterbatasan tempat, maka seperti solat idul fitri dan idul adha para siswa dengan khusuk melaksanakan ibadah wajib tersebut tanpa paksaan.

Mengenai keterbatasan tempat ini Mudlofir berharap, “Semoga kedepan dapat membangun masjid, sehingga kebutuhan untuk melaksanakan ibadah-ibadah selain solat berjamaah ini dapat difasilitasi dengan lebih layak.”

Pada kesempatan itu Mudlofir mengutip salah satu hadits nabi yang diriwayatkan oleh Muslim :

“Siapa yang bersuci dari rumahnya, kemudian ia pergi ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban (shalat) di antara kewajiban-kewajiban lainnya, maka langkah-langkahnya itu, yang satu menghapus kesalahan dan langkah lainnya mengangkat derajat.” (HR Muslim dari Abu Hurairah)

“Membiasakan pergi ke tempat ibadah dalam hal ini shalat berjamaah itupun lebih disarankan dalam agama islam, lebih baik dibiasakan dari muda sehingga kedepan dapat lebih baik lagi dan memberikan contoh yang baik juga di masyarakat sekitar,” ungkap Kepala MTsN 1 Semarang tersebut disela-sela pelaksanaan shalat berjamaah. (am/gt)