Bimbingan Perkawinan Kunci Sukses Keluarga Sakinah

Purbalingga – Dalam rangka membekali calon pengantin mewujudkan keluarga sakinah, Seksi Bimas Islam menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin Angkatan II. Kegiatan yang diselenggarakan di Wisma Tien Catering Purbalingga pada 10 – 11 Nopember 2017 ini diikuti pasangan calon pengantin dari 14 kecamatan di Purbalingga. Panitia Penyelenggara kegiatan mengundang  8 orang narasumber dan 1 Fasilitator dari unsur Kantor Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, tokoh pendidikan, tokoh agama,  tokoh masyarakat serta Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Hal tersebut disampaikan Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Makhfuri.

 “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali calon pengantin dalam mewujudkan keluarga  yang sakinah mawaddah warahmah, yang kokoh sehingga bisa lestari,” ungkap Makhfuri.

Ketua Panitia, Ani Mufarokhah menjelaskan kegiatan bimbingan dilaksanakan selama 2 hari. Jadwal kegiatan dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 17.00 dengan alokasi waktu kegiatan 18 jam. Materi yang diberikan meliputi : Perkenalan dan Kontrak Belajar, Mempersiapkan Perkawinan yang Kokoh Menuju Keluarga Sakinah, Mengelola Dinamika Perkawinan dan Keluarga, Menjaga Kesehatan Reproduksi, Memenuhi Kebutuhan Keluarga, Mempersiapkan Generasi Berkualitas, Mengelola Konflik dan Membangun Ketahanan Keluarga, serta Mewujudkan Keluarga Sejahtera melalui Pemberdayaan Perempuan dalam Kehidupan Keluarga. Selain itu juga ada pre-test, refleksi dan evaluasi serta post-test.

“Terkait dengan fundamentalnya materi yang harus disampaikan, diharapkan seluruh narasumber menyampaikan materi dengan metode yang bervariasi dan menyenangkan,” ujar Ani.

Ditambahkan pula bahwa setiap peserta memperoleh fasilitas berupa sertifikat, ATK dan Modul berjudul Fondasi Keluarga Sakinah Bacaan Mandiri Calon Pengantin terbitan Subdit Bina Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA & Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI Tahun 2017. Selain itu peserta juga mendapat fasilitas makan siang, coffee morning dan coffee break  serta bantuan transportasi. Semua pembiayaan kegiatan ini bersumber dari Dana DIPA Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

Panitia penyelenggara kegiatan berharap agar seluruh peserta bimbingan dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh serta dapat mewujudkan keluarga baru yang sakinah mawaddah warahmah. (sar/gt)