Bimbingan Perkawinan Kurangi Perselisihan dan Kekerasan dalam Rumah Tangga

Purworejo – Jumat berkah dan cuaca cerah, sangat mendukung terselenggaranya kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Angkatan Kedua yang digelar di Dje Cafe Kutoarjo pada Jumat (5/11/2021). Kepala KUA Kutoarjo, Drs. H. Zaenal Fitri, M.Ag. memberikan sambutannya di hadapan tiga puluh peserta calon pengantin.

Dalam sambutannya, Zaenal Fitri menyampaikan tujuan kegiatan yakni untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada para remaja yang akan melangsungkan pernikahan sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan calon pengantin dapat mengerti arti pentingnya pernikahan sehingga dapat mengurangi angka perselisihan dan kekerasan dalam rumah tangga yang tak jarang berdampak hingga perceraian,” tuturnya.

Kegiatan hari itu dipandu tiga narasumber. Yang pertama Zulfah Kirom memberikan materi bagaimana mempersiapkan keluarga sakinah. “Ciri-ciri keluarga sakinah dapat dilihat dari berbagai aspek. Yang pertama aspek lahiriah yaitu tercukupinya kebutuhan hidup, kebutuhan biologis suami isteri, mempunyai anak dan terpeliharanya kesehatan. Berikutnya aspek batiniah yaitu setiap keluarga dapat merasakan ketenangan dan kedamaian. Ada juga aspek spiritual yaitu setiap anggota kelurga mempunyai dasar pengetahuan agama yang kuat serta aspek sosial yaitu dapat bergaul di lingkungan sosial.” Demikian menurut narasumber yang berprofesi sebagai Penyuluh Agama Islam di Kankemenag Kabupaten Purworejo itu.

Narasumber kedua dan ketiga adalah Zulfikar Ahmad, S.Ag. serta H. Dadan Ridwan, S.Ag., M.S.I. Zulfikar membekali peserta dengan materi mengenai cara mengelola psikologi dan dinamika keluarga. Sementara Dadan menyampaikan cara mengatur keuangan rumah tangga  yang efektif. Kegiatan Bimwin Angkatan Kedua ini rencananya diadakan lagi pada Senin (8/11/2021) dengan peserta yang berbeda. (hws/sgy/bd)