Bimtek Kurikulum K 13 Guru MI

Temanggung – Bertempat di SMK NU Temanggung, mulai Kamis 4 s.d 10 Oktober 2018, PC LP Maarif NU menyelenggarakan kegiatan Bimtek Implementasi K13. Menurut Miftakhul Hadi selaku Ketua PC LP Maarif dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, bahwa dasar dilaksanakannya kegiatan bimtek ini karena semua MI sesuai dengan Surat Keputusan Ditjen Pendis Nomor : 3525 tahun 2017, tentang penetapan Madrasah pelaksana K.13 harus sudah melaksankan implementasi K.13, mulai tahun pelajaran 2018/2019.

Sedangkan guru Madrasah kelas 1 dan 4 belum mempunyai kemampuan dan bekal untuk melaksanakan K.13 di madrasahnya. Oleh karena itu menurutnya PC LP Maarif Temanggung mempunyai tanggungjawab moral untuk memberikan bekal ilmu dan pengalaman tentang K.13, agar dalam melaksanakan pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

“Harapannya mudah-mudahan bimtek yang dilaksanakan hari ini membawa dampak yang besar dan bermanfaat bagi kita diantaranya agar dapat meningkatkan kinerja guru madrasah, menambah wawasan dan pemahaman kompetensi sehingga guru madrasah benar-benar menjadi guru yang professional, dalam arti guru yang dikatakan profesional serta meningkatkan mutu kualitas guru madrasah itu sendiri,” ujar Miftakhul Hadi.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kami harapkan seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin, guna peningkatan kompetensi para peserta itu sendiri,” lanjutnya.

Sementara itu menurut koordinator acara, H. Komari, bahwa dalam kegiatan bimtek ini diikuti oleh 175 peserta, yang terdiri dari guru kelas 1 sebanyak 80 orang dan guru kelas 4 sebanyak 75 orang.

Sedangkan sebagai narasumber, Sriyanto, Sumaryo, Titik Nuraniyah dan Ida Suryani, dari pengawas SD Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung. Adapun materi bintek antara lain : Analisis SKL, KI, KD, Indikator, Silabus, Pembelajaran Tematik Silabus, Perancangan Prota, Prosem, & Peta KD, Penyusunan RPP,  Penetapan KKM,  Perencanaan, Pelaksanaan, Pengolahan, dan Pelaporan, Penyusunan Soal HOTS, Praktik Pembelajaran Peer Teaching. (nm-sr/sua)