Bimtek Peningkatan Mutu Layanan KUA Berbasis IT

Temanggung -Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat khususnya pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melalui Seksi Bimas Islam terus melakukan progres kerja nyata, salah satunya yakni dilaksanakannya kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Mutu Layanan Kantor Urusan Agama (KUA) Berbasis IT di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Tahun Anggaran 2021, yang diselenggarakan di Rumah Makan Kebun Papringan Temanggung, Rabu (07/10).

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 40 peserta yakni operator / pegawai KUA Kecamatan se Kabupaten Temanggung 20 orang dan perangkat desa 20 orang. Dengan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dan Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir membuka acara sekaligus memberi materi pada kegiatan tersebut. 

Dalam bimbingan dan arahannya Kepala Kemenag mengatakan ”Kegiatan Bimtek layanan KUA berbasis IT ini diharapkan kepada seluruh KUA Kecamatan se Kabupaten Temanggung dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat agar lebih optimal, apalagi disaat pandemi ini masyarakat sangat membutuhkan sosialisasi dan pencerahan terkait urusan pernikahan, rujuk dan pelayanan lainnya,” katanya.

Ia mengajak untuk terus meningkatkan kemampuan IT ASN. “Terus tingkatkan layanan, sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan upayakan melayani dengan senyum,” imbuhnya. 

Ahmad Muhdzir menjelaskan operator menjadi penanggung jawab dalam bidang administrasi. Oleh karena itu penting sekali sebagai operator memahami tentang IT. Dengan adanya kegiatan ini bisa menunjang bertambahnya wawasan tentang IT disinkronkan dengan kinerja operator di KUA. 

‘’Secanggih apapun sistem yang dibangun, tidak akan efektif dan tidak berjalan sempurna tanpa didukung oleh semua pihak,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam H. Munsiri, menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan terciptanya pelayanan prima pada KUA di Kabupaten Temanggung. Karena semakin hari teknologi informasi semakin berkembang dan canggih, sehingga harus di kaji, dipahami, dan dipelajari dengan baik.

“Bimtek Layanan KUA Berbasis IT, ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan Simkah menuju pelayanan yang memuaskan dan membahagiakan, dan juga untuk memberikan motivasi dalam peningkatan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama urusan nikah, rujuk, dan pelayanan lainnya, ”ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, seluruh Staf Seksi Bimas Islam Kemenag Kab. Temanggung selaku panitia penyelenggara Kegiatan Bimtek Peningkatan Mutu Layanan Kantor Urusan Agama (KUA) Berbasis IT di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Tahun Anggaran 2021.(sr/rf)