Binmas Polres Magelang Kota Perkuat Kerjasama Bidang Keagamaan

Kota Magelang – Salah satu Misi Kementerian Agama RI adalah meningkatkan kemitraan dan kerjasama dengan lintas sektor. KUA Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian Agama Kota Magelang dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Kerjasama secara vertikal dan lintas sektoral menjadi bagian penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam  sesuai dengan kearifan lokal setempat. Dengan terbangunnya kerjasama secara vertikal sesuai tingkatannya ini ini diharapkan pemerintah dapat secara optimal memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh akses layanan.

Polres Magelang Kota yang di wakili oleh Kepala Seksi Pembinaan Masyarakat Iptu Sumarni melakukan kunjungan kerja siang ini di KUA Kecamatan Magelang Utara. Iptu Sumarni dalam kunjungannya mengatakan “ Kunjungan kami ke KUA Kecamatan Magelang Utara ini selian untuk bersilaturahmi juga akan membahas konsep kerjasama kewilayahan di wilayah hukum Polsek Magelang Utara di bidang pembinaan keagamaan. Situasi dan kondisi yang kondusif di masyarakat tidaklah mungkin hanya bisa dilakukan oleh instansi kepolisian saja. Oleh karenanya, dalam pembinaan kepada masyarakat terutama yang terkait dengan moderasi beragama, kerukunan umat, pembinaan rohani umat dan cipta kondisi keumatan tidak akan bisa terlepas dari para penyuluh agama di KUA Kecamatan, “ tutur Marni.

Mewakili kepala KUA Kecamatan Magelang Utara, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) yang sehari-hari bertugas di wilayah tersebut Shanti Maharanti dan Djarot Trihastuti menerima kunjungan itu di ruang kerjanya. Dalam sambutannya selain mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Kepala Seksi Pembinaan Masyarakat Polres Magelang Kota, Shanti juga menyampaikan permohonan maaf karena Kepala KUA Kecamatan Magelang Utara sedang melaksanakan tugas di luar kantor, sehingga tidak dapat menyambut secara langsung.

Shanti dalam kesempatan itu menampaikan “kami sangat menyambut baik kerjasama di bidang keagamaan dan keumatan yang telah utarakan oleh Kasi Binmas Polres Magelang Kota. Selaku penyuluh agama kami akan selalu berperan aktif mendukung program-program pembinaan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Magelang Utara. Situasi kondusif ddalam masyarakat yang telah tercipta dengan baik selama ini tentunya harus selalu dijaga dan dirawat oleh semua pemangku kepentingan. Apalagi di bidang keagamaan, peningkatan kualitas keimanan dan taqwa, kerukunan antar umat beragama serta pembinaan bagi remaja perlu menjadi konsen bersama,” tuturnya.

Kehadiran Kasi Binmas Polres Magelang Kota ke KUA Kecamatan Magelang Utara tersebut perlu kita apresiasi bersama. Kerjasama lintas sektoral kepada stake holder yang terkait memeng perlu mendapat perhatian lebih, sehingga mengoptimalkan peran pemerintah dalam memberikan layanan bagi masyarakat, Selasa (08/06). (Shanti/HS).