Bintek Penyusunan EDM, RKJM, dan RKTM

Kab. Pekalongan – MAN Pekalongan mengadakan kegiatan bimbingan teknis penyusunan EDM, RKJM, dan RKTM yang dipandu oleh H. Sobari Aminpengawas madrasah. Rabu (23/6)

Kegiatan yang berlangsung di aula lantai 2 ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut diikuti oleh stakeholder yang meliputi Plt Kepala Madrasah, Kepala TU, Wakil Kepala, Bendahara BOS,  Komite serta operator.

Secara runtut dan sistematis H.Sobari Aminmemaparkan materi EDM, RKJM, dan RKTM. Pada awalnya mengisi analisis profil ini meliputi input data, EDM, rekomendasi, program dan jadwal. Tahapan selanjutnya yakni menguraikan RKTM yang meliputi sumber dana, pengembangan, dan operasional.

Setelah itu mem-break down RKTM yang meliputi jadwal kerja, dana tahunan, dan Laporan Kinerja Tahunan. Penyusunan EDM, RKJM, dan RKTM diselaraskan dengan 8 standar pendidikan (isi, kelulusan, pengelolaan, tenaga pendidik dan kependidikan, proses, penilaian, sarpras, serta pembiayaan).

H. Casudi Plt Kepala MAN Pekalongan menyampaikan,”Kegiatan penyusunan EDM, RKJM, RKTM merupakan rutinitas yang berkesinambungan dan diharapkan madrasah merencanakan dari awal tahun anggaran sehingga tercapai target yang diharapkan. Tata kelola EDM 2020 dijadikan evaluasi untuk penyusunan RKJM 2021-2024 dan RKTM tiap tahunnya.” ujarnya.(Mhp/Ant)