BRIS KCP Pati Bagikan Souvenir Jemaah Haji

Pati (PHU) – Kabupaten Pati sebagai salah satu profil Kabupaten yang memiliki jumlah calon jemaah Haji terbesar tahun 1439 H/ 2018 M di Provinsi Jawa Tengah. Ada beberapa Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang beroperasi dan melayani proses pelunasan BPIH tahun ini. Diantaranya yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS), Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Mega Syariah (BMS), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Jateng Syariah.

Dihimpun dari data monitoring Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) berdasarkan jumlah jemaah berhak lunas dapat dirinci sebagai berikut, untuk BMI sebanyak 250 orang, BNIS sebanyak 254 orang, BRIS sebanyak 708 orang dan BSM sebanyak 393 orang. Sedangkan untuk BTN sebanyak 3 orang, BMS sebanyak 10 orang serta Bank Jateng Syariah sebanyak 2 orang.

Dalam kunjungan tim dari Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Bidang PHU) Kantor WIlayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah untuk memastikan ketersediaan souvenir jemaah calon hajiĀ  pada pelaksanaan pelunasan BPIH Tahun 1439 H/2018 M salah satunya ke BRIS Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pati. Uki salah satu pegawai BRIS KCP Pati menjelaskan saat ditemui dikantornya, bahwa BRIS sebagai BPS BPIH yang telah beroperasi dan melayani calon jemaah haji terbesar di wilayah Kabupaten Pati, Selasa (24/04).

“Sampai dengan hari ini jumlah pelunasan BPIH di BRIS Pati sudah mencapai 80 persen,” ungkap Uki.

Terkait dengan souvenir untuk calon jemaah haji, dijelaskan Uki bahwa dropping souvenir yang akan diberikan ke seluruh calon jemaah haji sudah diterima dari pusat berkisar satu bulan sebelum pelunasan berjalan.

“Souvenir yang dibagikan ke jemaah setelah pelunasan BPIH, antara lain untuk calon jemaah haji pria berupa kain ihrom dan seragam batik bahan. Sedangkan calon jemaah haji wanita akan diberikan mukena dan seragam batik bahan. Juga akan ditambah dengan souvenir berupa payung, masker dan tas punggung,” jelasnya.

Bank yang beralamatkan di Jalan Diponegoro nomor 65 Pati ini, membuka layanan pelunasan BPIH dengan sengaja memasang tenda di depan kantor untuk memaksimalkan dalam memberikan pelayanan kepada calon jemaah haji pada pelunasan BPIH Tahun 2018. (djs/gt).