Buatlah Orang Takjub Seperti Sulap

Surakarta – Ada sesuatu yang unik dan berbeda dalam kegiatan sosialisasi bahaya penggunaan narkoba di MTsN 2 Surakarta (2/11) pagi itu. Tidak seperti kegiatan sosialisasi bahaya narkoba pada umumnya, kegiatan sosialisasi di MTsN 2 Surakarta kali ini berjalan dengan santai, penuh tawa dan meriah.

Meriahnya kegiatan tersebut karena penyampaian materi bahaya narkoba yang diselipi dengan peragaan sulap oleh Siswoyo, salah satu Tim Cegah Narkoba Aliansi Indonesia.

Adegan sulap ini memang sengaja dipertontonkan ke peserta didik dengan harapan ada hiburan di tengah-tengah penyampaian materi tersebut. Hal ini supaya peserta didik tidak jenuh dan tetap antusias terhadap acara tersebut. Dan tentunya tidak menghilangkan keutamaan inti materi yaitu bahaya penggunaan narkoba.

Menurut Bukori selaku kepala madrasah mengatakan bahwa selingan sulap ini sebagai hiburan di acara sosialisasi bahaya narkoba. Supaya anak-anak tidak jenuh nanti akan ada selingan hiburan sulap. Harapannya, supaya anak-anak termotivasi dan dapat menghantarkan anak-anak meraih kesuksesan, kata Bukori.

Ada beberapa adegan sulap yang dipertontonkan, diantaranya tali ajaib, kertas ajaib, sapu tangan indah, kertas dan uang serta telepati.

Selain menunjukkan keahliannya bermain sulap, Siswoyo juga mengajak beberapa peserta didik naik ke panggung untuk diajak bermain sulap bersama.

Tidak hanya mengajak bermain, trik dan cara bermain sulap juga diajarkannya kepada peserta didik. Hal inilah yang membuat peserta didik penasaran dan ikut mempraktekkan sulap tersebut.

Tidak perlu waktu lama dan alat yang mahal untuk bisa bermain sulap. Dengan belajar singkat, peserta didik sudah mampu bermain sulap, walaupun belum begitu ahli.

Menurut Ainun Nisa siswa kelas VIII C mengatakan bahwa ternyata bermain sulap adalah sesuatu yang menyenangkan. Baru kali ini saya bermain sulap. Ternyata mudah ya, menyenangkan pula. Belajar sebentar aja sudah bisa, katanya.

Bukori di akhir acara menyampaikan tentang makna sulap bagi anak-anak kelas IX. Seperti sulap, anak-anak kelas IX harus bisa membuat takjub orang lain. Sulap walaupun cuma sebentar tapi dapat membuat takjub orang yang melihatnya. Khusus anak-anak kelas IX yang tinggal sebentar lagi di madrasah. Gunakan waktu yang tinggal sebentar ini dengan capaian hasil yang menakjubkan. Buat orang takjub dengan nilai UN kalian, buat orang takjub dengan prestasi kalian, teriak Bukori. (sdq_rma)