Budaya di Madrasah adalah Budaya Pancasila

SemarangGaruda Pancasila, akulah pendukungmu, patriot proklamasi setia berkorban untukmu, Pancasila dasar negara, rakyat adil makmur sentosa, pribadi bangsaku, ayo maju … ayo maju …

Dengan kompak dan penuh semangat lagu berjudul Garuda Pancasila karya Sudharnoto dinyanyikan oleh seluruh siswa dan guru MIN Sumurrejo Kota Semarang. Selanjutnya, siswa kelas I sampai kelas III mendapatkan selembar kertas yang bergambar Lambang Burung Garuda untuk diwarnai dengan waktu 60 menit. Sedangkan siswa kelas IV sampai dengan kelas V memperoleh tugas untuk menggambar lambang Burung Garuda. Setelah tugas selesai dilaksanakan, para siswa memegang dan memperlihatkan hasil karyanya masing-masing sambil bersama-sama berikrar “Saya Indonesia Saya Pancasila!”.

Kegiatan Semarak Mewarnai dan Menggambar Lambang Negara Garuda Pancasila di MIN Sumurrejo diikuiti oleh 328 peserta yang terdiri dari siswa kelas I sampai dengan kelas V, Jum’at (02/06).

Urusan Kesiswaan MIN Sumurrejo, Gunawi memaparkan tujuan kegiatan tersebut adalah mengenalkan kepada siswa bahwa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. “Dengan kegiatan ini, anak-anak dikenalkan dengan dasar negara Pancasila dan lambang negara Burung Garuda. Setelah mengenal Pancasila maka akan tumbuh rasa cinta kepada bangsa dan negara Indonesia,” ungkapnya.

Subiyono, selaku Kepala MIN Sumurejo menyampaikan, penanaman nilai-nilai Pancasila mulai ditanamkan sejak dini kepada para siswa madrasah. “Disamping melalui mata pelajaran Pedidikan Kewarganegaraan juga melalui contoh sikap dalam bergaul dan belajar di madrasah,” terang Kamad. Ia mengucapkan terima kasih atas antusiasme siswa dan guru dalam mengikuti Pekan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Kamad menerangkan bahwa kegiatannya sebagai tindak lanjut dari surat edaran Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Nomor : 3428/Kw.11.1/4/HM.00/05/2017 tentang Gerakan Pembudayaan Pancasila dalam Rangka Menyongsong Hari Lahir Pancasila. Subiyono berharap madrasah berkomitmen dalam mengenalkan dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Budaya di Madrasah adalah budaya Pancasila,’” pungkasnya.(sby-ch/gt)