Buku Karya Guru Lengkapi Koleksi Perpustakaan

Purbalingga – Dua buah buku karya guru ASN Kementerian Agama telah menambah koleksi Perpustakaan MI Negeri 3 Purbalingga. Hal tersebut disampaikan Pustakawan MIN 3 Purbalingga, Emi Minarni kepada Humas Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Kamis (13/12).

Emi menjelaskan kehadiran kedua buku tersebut telah menambah koleksi buku di perpustakaannya. Menurutnya sampai saat perpustakaannya telah memiliki 908 judul buku dengan jumlah eksemplar 2778 . Lebih lanjut ia menjelaskan, kedua judul buku tersebut adalah Hidupku Terbelenggu Mitos  dan  Sosok Pribadi Ideal Anakku.

Hidupku Terbelenggu Mitos merupakan hasil karya Anita Sumadi Guru Kelas VI, sedangkan Sosok Pribadi Ideal Anakku  merupakan karya Mugi Priatin, Guru Kelas V. Kedua orang penulis merupakan guru di madrasah kami,” ungkap Emi.

Ia menambahkan, prosesi penyerahan kedua buku tersebut telah dilakukan 18 Oktober 2018 lalu dengan Nomor Induk Perpustakaan 2777 & 2778 dan Nomor Klasifikasi 370.15.ANI.h dan 370.1.MUG.s.

Menurutnya kedua penulis menghasilkan karya bersama dengan beberapa orang guru lainnya melalui program pelatihan yang digelar PGRI Purbalingga. Kedua judul buku tersebut juga telah di-launching bersama dengan puluhan judul buku karya guru lainnya di Pendopo Dipokusumo beberapa waktu lalu oleh Plt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

Resensi

Hidupku Terbelenggu Mitos diterbitkan CV Pustaka Media Guru, Surabaya dengan tahun penerbitan 2018 dan ketebalan 64 halaman. Buku tersebut mengajak pembacanya agar menyadari bahwa mitos dalam dunia pendidikan menimbulkan efek negatif dan efek positif. Banyak suasana di dunia pendidikan yang masih terbelenggu mitos,sehingga ada beberapa alternatif solusi bagaimana menyikapinya supaya tidak dijadikan alasan untuk menyerah kepada keadaan.

Sedangkan Sosok Pribadi Ideal Anakku diterbitkan CV Cipta Media Edukasi, Surabaya dengan tahun terbit 2018, dengan tebal 82 halaman. Buku tersebut menjelaskan usaha minimal yang harus dilakukan pendidik dan orang tua dalam mewujudkan anak yang berkepribadian ideal, yang akan selalu patuh,taat dan tunduk kepada Allah SWT,berbakti kepada orang tua, berilmu dan berakal (shalih dan shalihah). (emi_sar/gt)