Bupati Buka STQ dan MTQ Rembang

Rembang – Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz membuka acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-25 dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar ke-34 tingkat Kabupaten Rembang yang diselenggarakan Jum’at malam(27/4), di lapangan Kecamatan Gunem. Pembukaan tersebut ditandai dengan memukul bedug satu kali, dilanjutkan dengan pemukulan oleh Wakil Bupati, Bayu Andrianto, Kakankemenag kabupaten Rembang, Atho’illah, dan jajaran Forkopimda. Hadir dalam pembukaan tersebut seluruh jajaran Forkopimda Rembang, jajaran Pejabat Kankemenag kabupaten Rembang, Kepala KUA se-Kabupaten Rembang, jajatan Muspika Kecamatan Gunem, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dewan hakim, dan peserta.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi keada penyelenggara yang telah rutin menggelar STQ dan MTQ ini. “ Lomba ini tak hanya berbicara tentang juara, tetapi kepada syar Al-Qur’an itu sendiri. Al-Qur’an harus dipahami secara utuh, sebagai pedoman hidup di dunia,” katanya.

Bupati juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap banyaknya gejala sosial yang negatif, antara lain korban minuman oplosan di daerah lain akhir- akhir ini. Hal negatif semacam itu harus ditanggulangi dengan melakukan kegiatan- kegiatan positif .

“Di media massa kita sering disuguhkan berita tentang miras, narkoba, dan lainnya. Ini merupakan keprihatinan kita bersama, bagaimana bangsa kita ke depan jika kita tidak tanggulangi. Mudah- mudahan dengan STQ dan MTQ ini bisa menjadi benteng dari perilaku negatif seperti itu, utamanya bagi generasi muda,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kementrian Agama Kabupaten Rembang, Athoillah menyebutkan tiap kecamatan mengirimkan 35 personel. Ada Sembilan majelis yang dilombakan di masing- masing cabang lomba. MTQ ini berlokasi yang akan ditempati yaitu Masjid Baburrohman, Gunem, Gedung UPT Dinas Pendidikan, MTs Gunem, Madin Wustho Gunem, SDN 1 Gunem, SDN 2 Gunem, SMK Muhammadiyyah Gunem, SMK Muhammadiyyah Gunem, dan Balai Desa Gunem. STQ dan MTQ yang akan berlangsung dua hari ini (27-28/4), akan memperebutkan juara pada 15 cabang lomba, yang masing-masing cabang terdiri dari putra dan putri. Juara I akan mewakili Kabupaten Rembang untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah. — ss/bd