Bupati Enthus Susmono Jadi Inspektur Upacara Peringatan HAB ke 72

Slawi – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke 72 Kemenag RI, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal melaksanakan upacara pengibaran bendera Rabu, (03/01). Dalam upacara kali ini, ada yang berbeda dalam upacara HAB Kemenag tahun lalu, yang biasanya dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Tegal, kali ini dilaksanakan di lapangan Pemerintah Kabupaten Tegal. Hal ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Daerah dalam mendukung Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal yang telah meraih predikat Terbaik dalam pembangunan Zona Integritas tingkat Nasional tahun 2016.

Upacara diikuti oleh jajaran pegawai di lingkungan Kemenag kantor Kabupaten Tegal dan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) serta pejabat setingkat Kepala Kantor, Kasi, Kepala Madrasah, pegawai, dan guru madrasah, baik yang PNS maupun non PNS. Peserta upacara berjumlah sekitar dua ribu lima ratus orang. Selain pegawai kemenag, hadir juga unsur dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), serta mahasiswa dari STAIBN Tegal. .

Bertugas sebagai inspektur upacara adalah Bupati Tegal Enthus Susmono juga didaulat untuk membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI, Lukmann Hakim, yang secara umum memuat tentang Amanat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya yang bekerja dilingkungan Kemenag.

Seiring berkembangnya zaman, kata Enthus, tugas Aparatur Sipil Negara ( ASN ) semakin berat tantangannya, karena zaman yang juga cepat berubah.

"Saat ini, kita berada dalam lingkup masyarakat lebih luas yang meliputi warga global hingga generasi digital. Dengan kondisi itu, jelas tuntutan publik terhadap kita lebih  tinggi, terbuka dan spontan," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Enthus, diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespon tuntunan masyarakat terhadap Kemenag. Kita tidak boleh lagi bekerja dengan kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar.

"Jadi, Enthus meminta kepada seluruh ASN Kemenag untuk dapat mendengarkan aspirasi dari berbagai arah agar kita dapat mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik," tandasnya.

Selanjutnya, Enthus memberikan apresiasi kepada pasukan Paskibra dan juga memberikan uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000,- ,dilanjutkan dengan jalan santai Kerukunan Umat Beragama dari depan Kantor Pemerintah Kabupaten Tegal menuju Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal. (jam-akb/za/rf)