Bupati gratiskan umroh bagi santri berprestasi

Rembang – Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz memberikan penghargaan yang spesial bagi para santri yang telah memberikan nama harum bagi Rembang. Penghargaan tersebut yaitu pemberangkatan umroh gratis bagi santri yang menjadi juara I pada ajang Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) tingkat Nasional yang dihelat di Balekambang, Jepara pada 29 November- 7 Desember 2017 lalu.

Peraih hadiah tersebut adalah Haidarotul Millah dari PP Al-Anwar, Sarang sebagai Juara I MQKN pada cabang lomba ilmu tafsir ulya putri, dan M. Ya’kub dari PP Ma'hadul Ilmi Asy syar'ie (MIS) pada cabang lomba tauhid wustha putra.

Selain itu, hadiah umroh juga diberikan kepada Zumrotul Luthfiyyah yang berhasil menyabet juara I tahfidz AL qur’an 20 juz putri dalam perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional ke-24 yang diadakan di Tarakan, Kalimantan Utara pada 13-21 Juli 2017.

Penghargaan diberikan bersamaan dengan penyerahan piala kepada belasan peserta yang menjadi juara pada perhelatan lomba yang diadakan Kemenag, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Peserta dari kalangan santri dan siswa yang turut diberikan piala secara simbolis langsung oleh Bupati adalah Afifah Nailul Zulfa dari PP Al-Anwar sebagai juara II pada MQKN untuk cabang lomba Nahwu Ulya putri, dan Ilham Firmansyah dari PP Ma'hadul Ilmi Asy Syar'ie (MIS) sebagai juara II pada MQKN untuk cabang lomba tauhid ulya putra.

Selain itu, piala juga diberikan kepada para pemenang di perhelatan MTQ Umum ke-27 tingkat Provinsi Jawa Tengah, yaitu Nayla Ainiyyah sebagai juara I cabang tahfidz 1 juz dan tilawah putri, Suwaidatul Qulub peraih juara I cabang tilawah anak-anak putri, Siti Nur Fadlilah peraih juara I cabang tahfidz 10 juz putri, dan Durrotul Muqoffa sebaga juara I cabang tahfidz 30 juz putri. Sedangkan pada ajang MTQ Pelajar ke 32 tingkat Jateng piala diberikan kepada Abdul Latif al Hakim sebagai Juara I cabang tilawah SLTP putra.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah menyampaikan terima kasih kepada para pemenang yang telah mengangkat nama Rembang. Ia berharap, hal ini bisa memicu prestasi santri-santri lainnya. — ss