Bupati Klaten Kukuhkan Pengurus FKUB Periode 2018-2023

Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Kesbangpol mengukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Periode 2018-2023 bertempat Gedung Dharma Wanita Kabupaten Klaten yang dihadiri Pengurus FKUB, Muspika se Kabupaten Klaten, dan pengurus lembaga/Ormas Keagamaan,(19/12).

Sebanyak 17 pengurus FKUB dikukuhkan oleh Bupati Klaten yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi.

Dalam sambutannya, Jaka Sawaldi menyampaikan, mengucapkan selamat kepada pengurus FKUB Kabupaten Klaten Periode 2018-2023. Pengukuhan pengurus FKUB tersebut untuk membangun komitmen bersama bagi Kabupaten Klaten kedepan. Selain itu, dengan terciptanya kerukunan antar umat beragama dan semua elemen masyarakat pembangunan di Klaten akan berjalan dinamis.

“Dengan terciptanya kerukunan antar umat beragama, antar ulama dan pemerintah akan menciptakan suasana yang damai, dengan dikukuhkannya FKUB mendorong peran dan fungsi FKUB menciptakan kondisi aman dan kondusif di Klaten,” tandasnya.

Melalui pengukuhan FKUB akan menggugah bahwa perbedaan bukan penghalang untuk menjalin kebersamaan di tengah-tengah masyarakat. Sehingga mampu saling memberi informasi dan bertukar fikiran sebagai bahan untuk merumuskan kebijakan dan solusi terbaik terhadap permasalahan yang terjadi serta sebagai sarana untuk mempererat hubungan baik secara internal maupun eksternal. Terutama selalu bersinergi dengan pemerintahan kabupaten Klaten.

“Tetapi tujuan secara umum kerukunan umat beragama di Kabupaten Klaten dapat berjalan tentram dan damai, karena seluruh agama mengajarkan kedamaian, maka paradigma sosial pola hubungan yang harmonis berimplikasi dalam membangun bangsa dan negara,” ungkapnya.

Jaka Sawaldi menyampaikan terima kasih dan rasa hormat serta penghargaan atas nama pemerintah Kabupaten Klaten terhadap masyarakat yang telah mampu menjaga toleransi dan merawat umat beragama. Selain itu, mengajak agar semangat tersebut terus dijaga demi menciptakan suasana rukun dan damai.

Sementara itu Kasubbag TU Kemenag Klaten Sudarsana setelah pengukuhan mengatakan, peran Kementerian Agama dan FKUB sangat vital dalam menciptakan kebersamaan menjaga kerukunan umat beragama.

“Bentuk sinergi yang baik ditunjukkan dengan rutin setiap tahun memberikan bantuan operasional Klaten. Selain itu ada juga dana pembinaan yang dikelola Kemenag dalam hal untuk merajut rasa kebersamaan antar umat beragama,” tandas Sudarsana.

Pemberdayaan penyuluh agama yang ada di Kemenag sangat dibutuhkan dalam memberikan penyuluhan di tengah-tengah masyarakat dengan pencerahan yang menyejukkan, rukunn dan damai.

“Kasubbag berharap kepada pengurus yang dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik. terutama menjaga kerukunan di Klaten umumya di Jawa Tengah dan Indonesia,” imbuhnya.(aj/Wul)