Bupati Pati : “Najan Sitik Tapi Rata”

Pati – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati kembali menyalurkan bantuan biaya hidup bagi fakir miskin triwulan II tahun 2017, Jum’at (2/6)

Penyaluran bantuan yang digelar di aula Kantor Kecamatan Juwana Pati tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pati Haryanto bersama para pejabat Lingkup Pemkab terkait dan dihadiri Ketua Baznas Kabupaten Pati Imam Zarkasi, pengurus Baznas, Kepala KUA Juwana, Kepala KUA Batangan, Muspika Kecamatan Juwana serta para saudagar di Kecamatan Juwana Pati.

Pendistribusian zakat dari Baznas Kabupaten Pati tersebut merupakan bantuan tahap I triwulan II tahun 2017 dengan penerima berasal dari Kecamatan Juwana dan Kecamatan Batangan Pati.

Bantuan biaya hidup bagi fakir miskin ini diberikan kepada 232 orang fakir miskin yang tersebar di 29 desa di Kecamatan Juwana dan 144 orang fakir miskin yang tersebar di 18 desa di Kecamatan Batangan, dengan besar bantuan masing-masing sebesar Rp. 150,000,-. Total jumlah bantuan sebesar Rp. 56,400,000,-.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutan arahannya menyebutkan, penyerahan bantuan zakat dari Baznas Kabupaten Pati merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kepada para fakir miskin dan warga tidak mampu. Baznas nantinya akan berkeliling ke seluruh wilayah di Kabupaten Pati, “tandasnya.

“Najan Sitik Tapi Rata”, imbuhnya dalam bahasa jawa dengan logat yang kental.

Haryanto juga mengaku, kesadaran warga untuk membayar zakat infak dan sedekah semakin meningkat karena tidak hanya bersumber dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS), tetapi juga sudah merambah pegawai swasta.

“Awalnya, sumber penerimaan zakat ini hanya dari PNS, tetapi sekarang sudah dikembangkan hingga karyawan perusahaan swasta dan para saudagar-saudagar, akan dikumpulkan dan diajak berjuang untuk para fakir miskin” ,pungkasnya. (Athi’/bd)