Calhaj Rembang akan lewati Blora-Purwodadi menuju Donohudan

Rembang — Calon jemaah haji asal Rembang akan berangkat menuju asrama haji Donohudan, Boyolali dengan mengambil rute Rembang-Blora-Purwodadi-Donohudan. Demikian disepakati dalam rapat koordinasi Petugas Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) yang digelar pagi tadi (16/08) di aula Kankemenag Kabupaten Rembang.

Kesepakatan rute tersebut dihasilkan setelah antar panitia bermusyawarah, apakah bis calhaj akan melewati Blora atau Sukolilo, Pati. “Dengan ini kami memutuskan untuk mengambil rute Rembang-Blora-Purwodadi karena lebih efektif,” tandas Wakil Ketua P3H, Mohammad Ali Anshory ketika memimpin rapat.

“Dengan mengambil rute tersebut, calhaj akan berhenti sejenak di Masjid Jabal Khoir, Purwodadi untuk melaksanakan ishoma,” sambung Ali Anshory.

Sementara pihak Kepolisian menyatakan siap mengamankan jalannya pemberangkatan agar perjalanan menuju Donohudan berjalan lancar. Dalam rapat tersebut juga dibahas jalan-jalan alternatif yang diambil karena ada perbaikan jalan atau pun kemungkinan terjadi kemacetan di jalan utama.

“Kami siap membantu kelancaran perjalanan calhaj menuju Donohudan. Jikalau di perjalanan ditemui hambatan, kami siap untuk mencari solusi,” ujar Rohmat, perwakilan dari Polres Rembang.

Perkuat koordinasi

Dikarenakan pemberangkatan haji tahun ini dikonsentrasikan di Kecamatan, Ali Anshory meminta petugas di Kecamatan, termasuk Kepala KUA maupun Camat untuk memperkuat koordinasi di semua lini. Baik konsumsi, penyelenggaraan upacara pemberangkatan, kedisiplinan waktu, dan lainnya.

Setiba di Gedung Haji Rembang, bis calhaj akan berhenti di sepanjang jalan. Sementara itu Karu dan Karom akan turun dan memasuki Gedung Haji Rembang untuk mendapatkan pengarahan dan mengikuti upacara pemberangkatan oleh Bupati.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kankemenag Kabupaten Rembang, Shalehuddin mengatakan, pengumpulan koper calhaj dilaksanakan dua hari sebelum pemberangkatan dari Kecamatan. Surat pemberitahuan kepada calhaj yang menyebutkan lokasi dan waktu pengumpulan koper di masing-masing Kecamatan sudah dibagikan kepada calhaj.

Setelah koper terkumpul, malam harinya petugas koper akan mengangkutnya menuju asrama Haji Donohudan menggunakan truk.

Sebagaimana diberitakan, calhaj asal Rembang sejumlah 789 orang terbagi dalam 3 kloter, yaitu kloter 38, 48, dan 65. Masing-masing akan berangkat menuju Donohudan pada 24 Agustus, 27 Agustus, dan 1 September 2016.— (Shofatus Shodiqoh/gt)