Calon Haji Karanganyar Siapkan Fisik dan Kesehatan

Karanganyar – Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Kesehatan mengadakan program baru berupa cek kesehatan dan pelatihan fisik bagi calon Jamaah Haji tahun 2017. Program yang baru dijalankan pada tahun ini akan dilaksanakan di tiap-tiap Kecamatan se Kabupaten Karanganyar.

Tepat pukul 06.00 WIB, (08/03), calon jamaah Haji Kecamatan Tasikmadu melaksanakan program cek kesehatan dan pelatihan fisik yang bertempat di Lapangan desa Suruh. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan sebanyak 2 kali, yang pertama hari ini dan program selanjutnya tanggal 04 April 2017.

“Ada 44 Jamaah yang terdaftar akan berangkat ke tanah suci tahun ini, namun yang bisa hadir hanya 35 Jamaah. Namun itu tidak mengurangi semangat calon jamaah haji untuk mengikuti kegiatan tersebut”, ucap Kepala KUA Tasikmadu, Aris Purwanto saat mendampingi calon jamaah haji.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Tasikmadu dr. Tristanto Setyawan dengan di dampingi Kepala KUA beserta stafnya. Kegiatan ini diisi dengan berbagai tes kesehatan diantaranya adalah Cek Denyut Jantung, Berjalan bolak- balik lapangan sejahuh 1,6 km serta berjalan bolak – balik lapangan dengan durasi waktu 6 menit.

Disampaikan oleh dr. Tristanto Setyawan bahwa kegiatan ini dimaksudkan guna mempersiapkan fisik calon Jamaah Haji tahun 2017 agar tetap bugar, sehat dan kuat selama menjalankan Ibadah Haji tahun 2017.

Dengan adanya program baru ini, Pemda Kabupaten Karanganyar berharap calon Jamaah Haji tahun 2017 ini bisa beribadah dengan maksimal dan  bisa pulang dengan sehat dan menyandang haji mabrur. Sedangkan tugas dari Kementerian Agama yaitu menyiapakan mental calon Jamaah haji dimulai dari tata cara berhaji, syarat rukun Haji serta doa- doa selama beribadah Haji. Kegiatan ini biasanya disebut Manasik Haji yang dilaksanakan sebulan sebelum keberangkatan calon Jamaah Haji.

Sebelumnya, pada tanggal 8 Maret 2017, 44 Calon Jamaah Haji Kecamatan Tasikmadu sudah melaksanakan program cek kesehatan dan pelatihan fisik di tempat yang sama. (nr-hd)

(nr/hd)