Career Day Ajang Bagi Siswa MAN 1 Cilacap Pilih Perguruan Tinggi Favorit

Cilacap – Sebanyak 24 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang terdiri dari 11 PTN dan 12 PTS presentasi pada acara Training Motivation & Career Day,  Jumat-Sabtu (4-5/1) di Aula dan GOR MAN 1 Cilacap. Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Madrasah, Suratno. Peserta yang tampil berasal dari universitas, politeknik, institut, sekolah kesehatan.

Kedua puluh empat perguruan tinggi tersebut yaitu UNY, IAIN Purwokerto, IAIN Pekalongan, UNNES, IAIN Salatiga, UNSOED, UIN Walisongo, UIN Malik Ibrahim, IAIN Tulungagung, IAIN Surakarta dan Politeknik Negeri Cilacap. Sedang dari PTS terdiri dari STIE Muhammadiyah Cilacap, Universitas Respati Yogyakarta, AKBID Graha Mandiri Cilacap, ITT Telkom Purwokerto, Stikes Al Irsyad Cilacap, LP3I Purwokerto, UMP Purwokerto, UNUGHA Cilacap, UNWIKU Purwokerto, Akper Seruling Mas dan Universitas Nahdatul Ulama Purwokerto.

Satu hari sebelumnya dilakukan training motivation bagi siswa kelas XII yang bertempat di aula. Acara ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat siswa.

“Bahwa menuntut ilmu adalah wajib bagi kaum muslimin. Dan tidak setiap siswa MAN 1 Cilacap memiliki semangat belajar yang tinggi, masih banyak siswa yang galau. oleh karena itu kami mengadakan acara  semacam ini,” kata Suratno selaku Kepala Madrasah dalam sambutannya.

Dengan bekal pelatihan dan motivasi sebelumnya, siswa lebih antusias dan memiliki gambaran bila mengikuti acara career day. Sehingga siswa akan memiliki motivasi yang bagus untuk melanjutkan kuliah pada jenjang yang lebih tinggi.

“Acara ini diadakan dengan dua tujuan, yang pertama untuk meberi semangat bagi siswa dalam belajar. Kedua, memberi arah dan tujuan dalam melanjutkan kuliah atau bila akan mencari pekerjaan,” katanya.

“Kedepannya MAN 1 Cilacap akan mengembangkan dua program bagi kelas X yang naik ke kelas XI, akan diadakan orientasi perguruan tinggi dengan melakukan kunjungan ke perguruan tinggi yang ditunjuk madrasah. Siapa yang bisa ikut program ini? Siapa saja boleh ikut dengan syarat menempati ranking satu sampai dengan tiga di kelasnya. Maka siswa tersebut akan diberi kesempatan untuk visitasi dengan fasilitas dari madrasah,” imbuhnya.

Perhelatan career day yang sudah berjalan selama tiga tahun ini ternyata cukup ampuh mengangkat minat siswa kelas XII melanjutkan ke perguruan tinggi pilihannya. Hal ini terbukti dari peningkatan yang signifikan pada tahun 2018  naik 51,72?ri tahun 2017 yang hanya diterima 29 menjadi 44 siswa diterima diberbagai PTN.

Kesan postif juga datang dari mahasiswa yang mengisi kegiatan ini maupun siswa MAN 1 Cilacap yang mengikuti.

“Bangga bisa mengenalkan kampus untuk adik-adik, serta dapat berpartisipasi dalam acara  career day. Selain itu, dapat menjalin silaturahmi kembali dengan Bapak Ibu Guru dan adik kelas, kesan Khaerunnisa Laela Nurazizah, mahasiswa Jurusan BKPI, IAIN Salatiga.

“Saya senang bisa ikut serta dalam career day di MAN 1 Cilacap semoga dapat membangun mind set  siswa dan mereka memiliki semangat serta keyakinan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sesuai dengan pilihan mereka,” tambah Rina Juliyanti, mahasiswa Jurusan BKI, IAIN Purwokerto.

Bagi siswa kelas XII juga banyak manfaat yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan ini. “Menurut saya banyak menambah wawasan yang cukup banyak tentang universitas di Indonesia dan bermanfaat sekali terutama untuk kelas XII”, kesan Khozinatul siswa kelas XII IPA 4.

“Kesan saya selama mengikuti career day di MAN 1 Cilacap merasa wawasan saya tentang masa depan semakin luas dan pengetahuan universitas semakin jelas,” jelas Naufal Rahadian, siswa kelas XII IPA 2.

Kegiatan ditutup dengan kunjungan ke masing-masing stand perguruan tinggi yang diserbu oleh siswa kelas XII yang ingin tahu lebih banyak tentang perguruan yang menjadi pilihannya. (Agus Es/bd)