Cegah Sakit dengan Imunisasi

Pemalang – Sebagai bagian dari program pemerintah khususnya di bidang kesehatan, tepat pada hari Selasa (13/11) peserta didik kelas 1 MIN 3 Pemalang mendapatkan program pemberian imunisasi DT (Difteri Tetanus). Pemberian vaksin DT ini dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Pulosari kepada 50 peserta didik kelas 1.

“Pemberian vaksin imunisasi DT adalah kerjasama antara MIN 3 Pemalang dengan Puskesmas Kecamatan Pulosari dan sudah menjadi program pemerintah. Imunisasi sangat penting karena sesungguhnya mencegah itu lebih baik dari pada mengobati”.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MIN 3 Pemalang, Ahmad Hisyam saat membuka acara. Beliau  berpesan apabila ada anak yang mempunyai riwayat alergi terhadap imunisasi, maka sebaiknya didiskusikan hal tersebut dengan petugas.

Bila memang anak baik-baik saja, maka imunisasi tetap harus dilakukan. Vaksin tak hanya melindungi anak anak saja dari ancaman infeksi, namun juga orang-orang di sekitar.
Imunisasi dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Kecamatan Pulosari, Umi Latifah,  dan Rina. Sebelum imunisasi, petugas memberi penjelasan tentang pentingnya kesehatan.

“Pemberian vaksin DT adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Untuk pemberian imunisasi ini khusus kelas 1,” kata Umi Latifah.

 “Imunisasi yang diberikan kepada siswa kelas 1 yaitu imunisasi campak dengan waktu pelaksaan setiap bulan Agustus dan imunisasi DT setiap bulan November. Karena ini bertepatan dengan bulan November maka yang diberikan adalah  imunisasi DT,” lanjutnya. Pemberian imunisasi kepada peserta didik didampingi oleh wali kelas 1. (sdn/fi/rf)