Cetak Kader Qurani Lewat TPQ Dan Diniyah

PATI– Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati  (1/2) mengadakan rakor Taman Pendidikan Alqur’an dan Madrasah, Madrasah Diniyah di aula Lt.2. Kegiatan dilakukan dari pukul 13.00 WIB hingga jam 16.00 WIB. Peserta adalah Pengurus  FKDT dan Badko TPQ Kecamatan se Kabupaten Pati.

Dalam Pengarahannya, Kasi PD Pontren Abdul Hamid menjelaskan Jumlah TPQ dan Madrasah diniyah di kabupaten Pati yang masuk emis pendis semester ganjil tahun 2016/2017, untuk TPQ sejumlah 892 lembaga dan Madrasah Diniyah sejumlah 299 lembaga dari 21 Kecamatan di Kabupaten Pati. Secara bertahap perlu ada penataan pada lembaga tersebut melalui Akreditasi.

Lebih lanjut Hamid menjelaskan bahwa dalam Pelaksanaannya melibatkan Asesor dari unsur Pengawas dan JFU Seksi PD Pontren. Menurut salah satu ketua FKDT Kec. Jaken yang sekaligus Kepala Madin Islamiyah Sumberarum Kec. Jaken , ia sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat meningkatkan kredibilitas dan stigma bahwa TPQ maupun diniyah  juga bagian pendidikan non formal yang bisa mencetak kader qur’ani dan memegang teguh ahlakul karimah tidak dianggap sebelah mata, agar program tersebut bisa berjalan maka perlu penataan.

Sebagai Moderator, Muhammad Muhadi JFU Pengembang Potensi Santri, Menyampaikan Acara rakor berjalan sukses dan di Tahun 2017 akan dilakukan dalam tiga tahap menjadi salah satu program unggulan seksi PD Pontren Kan.kemenag Kab. Pati. (Athi’/bd)