CJH Bisa Mengunduh Tuntunan Manasik Haji di Website

Semarang (PHU) – Pelunasan haji reguler tahun 1439 H/ 2018 M tahap kesatu telah berjalan, calon jemaah haji yang biasanya setelah melakukan pembayaran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada Bank Penerima Setoran BPIH (BPS BPIH) akan mendapatkan souvenir dan buku manasik haji.

Kementerian Agama tahun ini akan menerbitkan buku paket bimbingan manasik haji dan umrah tahun 1439 H/ 2018 M untuk dapat digunakan sebagai panduan bagi jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji.

Kepala Seksi Sistem Informasi Haji pada Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Abdul Jalil menjelaskan, buku paket tahun ini rencananya akan terdiri atas tiga buku, masing-masing berjudul Tuntunan Manasik Haji dan Umrah; Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umrah dan Doa-doa Pilihan Manasik Haji dan Umrah.

“Bagi jemaah haji yang melakukan pelunasan akan mendapatkan souvenir serta buku paket panduan manasik haji dan umrah,” ungkap Jalil saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (19/04).

Ditammbahkan, Buku Paket Manasik Haji sampai saat ini masih dalam proses pencetakan oleh Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH). Untuk memudahkan akses kepada Jemaah Haji, Kementerian Agama telah menyiapkan Buku Paket Manasik Haji dan Umrah dalam versi PDF dan dapat didownload pada web kementerian agama pada laman https://haji.kemenag.go.id/v3/content/buku-manasik-haji-2018

“Sambil menunggu cetakan dari bank, untuk sementara waktu calon jemaah haji dapat mendownload buku manasik pada laman website kementerian agama,” imbuh pria berkelahiran Demak.

Jalil berharap buku manasik versi PDF ini dapat disimpan dalam smartphone sehingga dapat membantu setiap jemaah haji untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ibadah haji secara mandiri serta dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, dalam upaya mengantarkan jemaah haji menggapai kemabruran haji. (djs/gt).