CJH Sukaraja hadiri Haul Masyayikh

Banyumas –Sedikitnya 200 orang nampak memenuhi tempat duduk di komplek Masjid Dalailul Khoirot Pejagalan Sokaraja Tengah, Kecamatan Sokaraja, Sabtu malam, (06/05/17). Peserta yang hadir merupakan Calon Jemaah Haji  dan masyarakat yang datang dari wilayah Sokaraja dan sekitarnya dalam acara Haul Masyayikh dan Pelepasan Calon Jemaah Haji Kawedanan Sokaraja serta Pengobatan Gratis. Kegiatan di isi Gus HM. Lukman Hakim bin Abah Syaiful Anwar.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Kabupaten Banyumas Mughni Labib, menyampaikan bahwa pelunasan tahap awal sudah selesai dari tanggal 10 April s.d. 5 Mei. Untuk Kabupaten Banyumas, total sementara jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) sebanyak 1018 orang dan sudah termasuk petugas Tim Petugas Haji Daerah (TPHD). Menurut rencana, manasik haji tingkat Kabupaten akan dilaksanakan sebanyak dua kali sebelum bulan Ramadhan.

Labib melanjutkan, untuk manasik tingkat Kecamatan dilaksanakan sebanyak 6 kali setelah bulan Ramadhan, dan dilanjutkan dengan praktik manasik tingkat Kabupaten sebanyak satu kali. Beliau mengharap bahwa CJH dapat menguasai manasik secara mandiri sehingga tidak terlalu bergantung pada pembimbing dan orang lain. Selain itu beliau berpesan agar CJH bisa menjaga kesehatannya, karena ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat sehingga pada saatnya nanti bisa melaksanakan rukun-rukun, wajib, dan sunah haji dan umroh, dan juga bisa melaksanakan sholat Arba’in di Madinah.

Harapannya adalah “semua CJH bisa memperoleh predikat haji mabrur dan kembali dengan selamat dan sehat ke tanah air”, tambah Labib.

Sebelum acara inti dimulai, diadakan bacaan sholawat Diba’i dari Remaja Masjid Dalailul Khoirot, Pejagalan Sokaraja Tengah. Kegiatan ini diprakarsai oleh Yayasan Jama’atul Muslimin Banyumas bekerjasama dengan Ta’mir Masjid Dalailul Khoirot Sokaraja.Tepat jam 23:00 WIB acara haul tersebut selesai dan ditutup dengam pembacaan doa. (hk/bd)