Da’I Kamtibmas Dalam Peran Merawat Kebhinekaan

Jepara – MUI bersama Polres Jepara menggelar Orientasi Kader Ulama’ (OKU) dan Sosialisasi Da’i Kamtibmas di Pendopo Kabupaten Jepara, Ahad (19/08).

Hadir dalam kesempatan ini, Kapolres Jepara, AKBP. Yudhianto Adhi Nugroho, Dandim 0719 Jepara Letkol Czi Fahrudi Hidayat, SE, Kepala Diskominfo, Yoso Suwarno, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, Ketua MUI Jepara, Mashudi, serta 120 pemuka agama Islam dari seluruh penjuru Kabupaten Jepara.

Kapolres Jepara, AKBP. Yudhianto Adhi Nugroho, dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat sangat membutuhkan adanya kehadiran para da'i dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu melihat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

“Polri memiliki tugas utama menjaga ketertiban masyarakat, melindungi, mengayomi, melayani dan menjaga NKRI dari Sabang sampai Merauke dan para da'i memiliki peran yang sangat penting dalam bernegara” ujarnya.

Mayoritas masyarakat di Indonesia pemikirannya masih menganut pada seruan tokoh, mulai dari tokoh politik, budaya, aktivis hingga tokoh agama.

“Saya bisa meyimpulkan bahwa tokoh agama memiliki peran nomor satu yang didengar oleh masyarakat dibanding tokoh lain,” ucapnya.

Oleh karena itulah, ia pun berharap agar para Da'i Kamtibmas bisa mengajak masyarakat untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman dan damai.

Sementara itu, Ketua MUI Kab. Jepara, Mashudi, menyampaikan bahwa Ulama’ memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari umat Islam.

“Di era globalisasi dan modernisasi ini peran ulama’ sangat penting dalam mengubah kehidupan umat Islam menjadi baik atau malah dibiarkan buruk. Ulama’ sejatinya adalah pewaris para nabi. Dan ditangan ulama’lah umat Islam menggantungkan harapannya. Baik tidaknya sebuah masyarakat Islam tergantung pada Ulama’nya” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jepara, Nor Rosyid, juga mengingatkan bahwa pada da’I merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan tugas membimbing umat Islam dalam mencapai kehidupan yang bermutu dan sejahtera lahir dan batin.

“Kedudukan da’i ditengah-tengah masyarakat adalah sangat penting dan peranannya cukup besar, baik karena ilmunya maupun keteladanannya dalam pengamalan keagamaan” ujar Nor Rosyid.

Begitu besar peran da’I dengan posisinya menjadi garda terdepan sebagai pembimbing umat beragama dalam rangka pembinaan mental, moral dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta segala aspek pembangunan melalui pintu dan bahasa agama.fm/bd