Dari Pelayanan Baik Menuju Pelayanan yang Membahagiakan

Temanggung – Untuk meningkatkan kualitas layanan publik, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temangggung, menggelar Building Komitmen, Menuju Layanan Prima bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri ( PPNPN ) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Selasa (23/11).

Kegiatan bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dan diikuti 15 peserta dari unsur pegawai PTSP, pramubhakti, cleaning servis,  serta petugas keamanan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temangggung.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir, sebagai pemateri menyampaikan bahwa untuk mengikuti percepatan teknologi, setiap dinas instansi harus menyesuaikan diri, meningkatkan pelayanan, untuk itu dilaksanakanlah Building Komitmen Menuju Pelayanan Prima bagi pegawai yang berada di garda terdepan Kementerian Agama.

“Saat ini pelayanan yang baik saja tidak cukup, tetapi sudah harus pelayanan yang membahagiakan kepada masyarakat,’’ ungkapnya.  Dan agar bisa memberikan pelayanan yang membahagiakan, maka perlu motivasi dari dalam diri pegawai. “Jika bekerja hanya termotivasi oleh penghasilan, maka ketika gaji habis, tidak ada lagi motivasi bekerja, tapi jika bekerja karena motivasi ibadah, maka pegawai akan senantiasa termotivasi untuk memberikan yang terbaik,” imbuhnya.

Selain Kepala Kantor Kementerian Agama, Emmanuel Amos Abdi Sutrisno Penyelenggara Katolik menyampaikan materi Service Excellent, Service from Heart. Beliau menuturkan bahwa senyum salam sapa tidak akan tertangkap sebagai sebuah perilaku yang membahagiakan bagi publik jika tidak lahir tulus dari hati. Maka salah satu kunci pelayanan prima adalah pegawai melayani publik dengan tulus dari hati. Salah satu peserta, Andi Untoro dari bagian cleaning servis menyatakani bahwa selama ini belum banyak mendapatkan pembekalan tentang bagaimana memberikan pelayanan prima, maka kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan berharap bisa diselenggarakan secara rutin  berkala.(yn/rf)