Data dasar penyusunan perencanaan kegiatan

Cilacap – Anggota penyuluh agama Konghucu Provinsi Jawa Tengah perwakilan Kabupaten Cilacap, Rahardjo Yuwono, Jumat (19/6) bersilaturahmi ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap. Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag, Mughni Labib menegaskan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kunjungannya. Dia berharap kunjungannya merupakan awal yang baik dalam membangun kerukunan umat beragama yang berkualitas.

Lebih lanjut Mughni Labib mengungkapkan, bahwa dalam membina kerukunan umat beragama, pihaknya sangat membutuhkan data. Data merupakan bahan dasar awal untuk merencanakan sebuah kegiatan. Karenanya, dia berharap paling lambat di akhir tahun 2015, Kemenag sudah mendapat data keagamaan dari pengurus agama Konghucu. “Tanpa dukungan data, kami tidak bisa berbicara apa-apa, apalagi merencanakan kegiatan. Apapun yang kami sampaikan kepada masyarakat, bila tidak didukung data, publik tidak akan percaya, dan kami pun tidak berani bicara tanpa data”, tegas Kakankemenag.

Selain itu, Kakankemenag juga mengimbau agar tokoh agama Konghucu meningkatkan peran aktifnya dalam kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Koordinasi

Sementera itu, Rahardjo Yuwono mengungkapkan maksud dan tujuan silaturahminya kepada Kakankemenag. Dia mengungkapkan, bahwa sebagai anggota penyuluh yang baru, dia merasa sangat perlu untuk mengenal para pemangku kepentingan di Kementerian Agama. Setelah itu, harapannya akan terjalin hubungan timbal balik positif dan menemukan gambaran rencana kegiatan kerukunan yang akan dilaksanakan.

Rahardjo Yuwono bertekad untuk melaksanakan koordinasi penuh dan aktif dalam organisasi keagamaan. Dan dia bersikukuh akan meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama secara bersama-sama dengan penganut agama lain, guna mewujudkan masyarakat yang rukun, tenteram dan cinta damai menuju suksesnya program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, baik pusat maupun daerah. (Budiono)