Data Jemaah Haji Jateng Dapat Diketahui Secara Real Time

Semarang (PHU) – Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama menambah sarana informasi yang memudahkan masyarakat dapat mengetahui data jemaah haji secara real time.

“Dalam rangka Sosialisasi Data Jemaah Haji kepada masyarakat sekarang ini telah tersedia dashboard informasi pendaftaran, pembatalan dan pelimpahan serta masa tunggu jemaah haji reguler,” jelas Abdul Djalil, Rabu, (30/06).

“Data seluruh Kabupaten/Kota juga dapat dilihat pada dashboard tersebut,” tambahnya.

“Selain itu jumlah kuota dan waiting list di Jawa Tengah juga dapat diketahui secara real time,” ujarnya.

Abdul Djalil selaku Sub Koordinator Seksi Administrasi Dana Haji dan Sistem Informasi Haji mengatakan bahwa dashboard informasi haji ditayangkan melalui televisi atau layar yang dapat dilihat seluruh masyarakat saat berada di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag).

“Bentuknya berupa dashboard yang ditayangkan melalui televisi atau layar pada seluruh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota maupun Kanwil,” katanya.

“Seksi PHU Kankemenag agar dapat menampilkan dashboard tersebut di ruang pelayanan pendaftaran,” jelas Jalil.

Sementara itu, Jalil mengatakan bahwa dashboard tersebut sangat berguna dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam rangka kemudahan dan transparansi informasi kepada masyarakat luas khususnya dalam hal penyelenggaraan ibadah haji.(vd/Sua).