Dengan KSM dan Aksioma, kita Capai Panca Prestasi Madrasah

Banyumas – Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (AKSIOMA) tingkat MA dilaksanakan selama 2 (dua) hari, KSM dilaksanakan 25 April 2017 bertempat di MAN Sumpiuh. Sedangkan kegiatan Aksioma, dilaksanakan pada 26 April bertempat di MAN 1 dan MAN 2 Purwokerto.

Mughni Labib, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas dalam sambutannya menyampaikan Kementerian Agama sudah merancang strategi dalam upaya peningkatan mutu madrasah, yakni “Panca Prestasi Madrasah” yang terdiri dari : prestasi akhlak mulia, prestasi ilmu keagamaan, prestasi sains dan teknologi, prestasi bahasa dan budaya, dan prestasi olahraga dan seni.

“Panca prestasi madrasah haruslah menjadi ciri dan budaya madrasah sehingga madrasah bisa menjadi lembaga pendidikan yang unggul sebagai alternatif pendidikan formal yang memadukan IMTAQ dan IMTEK sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, tidak hanya di kancah nasional saja, akan tetapi juga sampai pada kancah internasional. Rangkaian kegiatan KSM dan Aksioma ini adalah bagian dari upaya untuk mencapai Panca Prestasi Madrasah,” jelas Labib.

Menurut Kepala MAN Sumpiuh selaku Ketua Panitia, Affandie, tema KSM tahun ini adalah “Sehat, Unggul, dan Berdaya Saing Global” dengan tujuan untuk meningkatkan  mutu pendidikan  Sains  di  madrasah secara  komprehensif  melalui  penumbuhkembangan  budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Cabang yang dilombakan di antaranya, untuk KSM adalah matematika, fisika, biologi, kimia, ekonomi, dan geografi. Sedangkan untuk Aksioma ada 3 cabang olahraga dan 4 cabang seni. Peserta pada kegiatan itu berjumlah 94 orang yang berasal dari 18 Madrasah Negeri/Swasta se Banyumas.

Berikut hasil perlombaan cabang KSM : Untuk Mapel Matematika Juara 1MA Ma’arif NU Cilongok, Juara 2 MAN 2 Purwokerto, Juara 3 MA Al Ikhsan Beji. Mapel Fisika Juara 1 MAN Sumpiuh, Juara 2 MA Al Azhary Ajibarang, Juara 3 MA Al Azhary Ajibarang. Mapel Biologi Juara 1 MAN Sumpiu, Juara 2 MAN 2 Purwokerto, Juara 3 MAN 1 Purwokerto. Mapel Kimia Juara 1 MA Al Ikhsan Beji, Juara 2 MA Al Falah Jatilawang, Juara 3 MAN Sumpiuh.

Sedangkan Mapel Ekonomi Juara 1 MAN 1 Purwokerto, Juara 2 MAN Sumpiuh, Juara 3 MAN 2 Purwokerto. Mapel Geografi Juara 1 MA Muhammadiyah Purwokerto, Juara 2 MA Nahdlatut Talamidz Jombor, dan Juara 3 MAN 2 Purwokerto. (hk/bd)