Dewan Ambalan MAN 2 Rembang Dilatih Scout Journalist

Rembang – MAN 2 Rembang menggelar acara pelatihan jurnalistik Pramuka bagi anggota Dewan Ambalan, baru-baru ini. Kegiatan ini secara khusus menghadirkan narasumber Kepala Pusdiklat Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah, Mulyono dan Ahmad Sidiq. Keduanya memberikan materi tentang bagaimana melaporkan kegiatan pramuka dengan narasi dan audio visual.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala MAN 2 Rembang, Usman Affandi. Dalam sambutannya, Usman berharap, setelah adanya LDK ini, para dewan Ambalan mampu mengemban tugas dan amanah dalam memajukan gerakan pramuka, khususnya di MAN 2 Rembang.

“LDK ini memberikan ilmu yang belum pernah kalian dapatkan. Ikutilah kegiatan ini sebaik mungkin dan terapkan untuk memajukan Pramuka MAN 2 Rembang,,” tandas Usman.

Usman juga berharap, para dewan ambalan ini mampu menjadi teladan bagi peserta didik yang lainnya. Menurutnya, kegiatan Pramuka menjadi nilai plus bagi siswa. Namun dengan tidak meninggalkan tugas utama yaitu belajar. “Berorganisasi Pramuka dapat memupuk mental kalian menjadi lebih tangguh. Namun dengan Pramuka, tugas utama kalian, yaitu belajar tetap harus didahulukan, bila perlu Pramuka dapat menjadi pemicu untuk lebih meningkatkan prestasi,” katanya.

Dalam pemapara materinya, Mulyono menjelaskan tentang teknis membuat berita Pramuka. Intinya, sama dengan menulis berita pada umumnya.  Hanya saja, peserta diberikan materi tentang membuat berita audio visual. “Berita ini bisa kita upload di youtube,” katanya.

Dipaparkannya, berita video yang dishare di youtube mempunyai kelebihan, yaitu bisa diakses banyak orang. “Dengan begitu, kegiatan kita bisa diliat oleh banyak orang. Syukur bisa menambah penghasilan kita,” imbuhnya. – anam/iq/bd