Dharma Santi Nyepi, Bupati Ajak Sukseskan Pemilu 2019

Klaten – Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengajak seluruh umat Hindu di Klaten untuk menyukseskan Pemilihan Umum baik Pemilu Legislatif/Pileg dan Pemilihan Presiden/Pilpres pada 17 April 2019 mendatang.

“Kepada umat Hindu, diharapkan agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga Pemilu di Kabupaten Klaten dapat berjalan lancar dan kondusif serta sukses.” Demikian ajakan yang disampaikan Bupati Klaten saat memberikan sambutan pada acara Dharma Santi Nyepi Umat Hindu Kabupaten Klaten, yang diadakan di Pendopo Kabupaten Klaten dan dihadiri sekitar 1000 umat Hindu di Klaten, Senin (25/3).

“Kami minta umat Hindu untuk senantiasa menjaga kebersamaan, hidup rukun dan menjaga toleransi di tengah masyarakat. Sehingga umat Hindu bersama umat agama lain dapat ikut memayu hayuning bawana (untuk memperindah dunia) dengan sikap saling menghormati, menerima dan menghormati perbedaan, hidup bersama lingkungan dan melindungi alam sehingga lingkungan dan alam juga menjaga hidup umat manusia,” kata Sri Mulyani.

Sementara itu, Suparman, dari Kemenag Klaten yang sekaligus sekretaris PHDI Klaten mengatakan, melalui brata penyepian kita sukseskan pemilu 2019. Setelah brata penyepian ini merupakan ajang saling memaafkan dan biasanya diawali dari pura, tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

“Kalau dalam agama Islam, istilahnya halal bihalal, kalau nasrani natal bersama dan kalau Hindu namanya dharma santi. Acara darma santi pasti dilakukan dan semua umat Hindu yang terbagi di 48 pura, hadir dan bergembira,” jelas Suparman.

Dalam darma santi ini, umat Hindu bisa semakin guyup, jaga kebersamaan dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Diharapkan dengan penuh tanggungjawab dan kesadaran, umat Hindu di Klaten bisa turut berkiprah dalam segala bidang, mengingat pemerintah mau punya gawe pemilu, 17 April 2019 mendatang.

Rangkaian Dharma Santi Nyepi Umat Hindu Kabupaten Klaten dimulai dengan persembahan Tari Gambyong oleh Persaudaraan Generasi Hindu Dharma Kabupaten Klaten dan dimeriahkan paduan suara Wanita Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Klaten dan Tari Jejer dari STHI Klaten serta diisi penampilan guyon maton Bambangan Cakil.(ha-aj/Sua)