Diana, Siswi MAN Purbalingga Raih Juara 1 LKTI Cagar Budaya

Purbalingga – Diana Kurniawati, siswa kelas XI pada Madrasah Aliyan Negeri Purbalingga, telah memberikan kebanggan tersendiri atas prestasi sebagai juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tentang Cagar Budaya tingkat Kabupaten Purbalingga yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga, Kamis (23/03). Di bawah bimbingan Susilowati, guru mata pelajaran sejarah Diana Kurniawati menulis tentang simbol kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat masa Neolithikum.

Menurut Susilowati, yang aktif sebagai pembimbing LKTI sejak tahun 2013 menjelaskan saat di temui di sela tugasnya mengawasi ujian Jum’at (24/03) menjelaskan bahwa LKTI  yang berjudul  Seni Kriya Kuna di Situs Tipar,  Kabupaten Purbalingga (Simbol Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Masyarakat Masa Neolithikum yang Patut di Lestarikan) dalam proses nya, memakan waktu selama sebulan dari penelitian sampai presentasi LKTI oleh Diana Kurniawati. Lanjut Susi menambahkan bahwa Diana Kurniawati termasuk anak yang cerdas.

“Hanya dalam waktu satu bulan dari  penelitian yang langsung di Situs Tipar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, dan memang Diana Kurniawati termasuk siswa yang cerdas, “ jelas Susilowati.

Lebih lanjut Susi  yang pernah membimbing dan memperoleh prestasi, antara lain juara 3 LKTI tentang Cagar Budaya Tingkat Nasional,  juara 1 Lawatan Sejarah Tingkat Provinsi Jawa Tengah,  juara 1 Lawatan Sejarah Tingkat Nasional, menyampaikan bahwa penilaian saat presentasi, berdasarkan naskah karya tulis, penampilan saat presentasi, serta  media yang digunakan MAN Purbalingga mendapatkan Juara 1. (sf/gt)