Diklat pinru bentuk karakter kemandirian Pramuka

Rembang — Guna menjaga eksistensi, kelancaran dan keberlangsungan kegiatan kepramukaan di MTs Negeri 4 Rembang, diperlukan  regenerasi   dari kakak – kakak senior kepada adik-adik kelasnya.

Oleh karena itu, MTsN 4 Rembang mengadakan kaderisasi kegiatan pramuka, yaitu Diklat pemimpin regu (pinru) baru-baru ini di lingkungan MTsN 4 Rembang. 
Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, pramuka di madrasah mempunyai peranan  sangat penting dalam membentuk kepribadian, watak siswa dan membekali siswa dengan berbagai ketrampilan, kedisiplinan, tanggung jawab dan kemandirian. 
Dalam Diklat ini, materi yang kami sampaikan di antaranya yel-yel pramuka, langkah pramuka, peta pita, tali temali, tekpram, peta lapangan, semaphore, halang rintang, morse, sandi, menaksir, out bond dan lain-lain. Kegiatan ini sebagai bekal dalam menghadapi lomba-lomba kepramukaan.
 Achmad Khudlori, Pembina Pramuka MTs N 4 Rembang mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh  siswa – siswi kelas VII dan VIII yang mampu dan berminat untuk menjadi senior atau pinru (pimpinan regu).

“Kegiatan kepramukaan di madrasah ini sesuai dengan program kerja pramuka yang dimaksudkan untuk membentuk kader pramuka yang berwawasan, memiliki kemampuan manejerial kepramukaan yang baik,” kata  Khudlori.
Jumlah peserta pada kegitan pramuka ini adalah 90 orang. Mereka tampak penuh semangat mengikuti kegiatan dian pinru penggalang ini.

Diana Novitasari salah satu peserta mengaku merasa bangga dan senang. Dengan mengikuti kegiatan diklat kepramukaaan, ia dan teman-temannya mendapatkan bekal materi teknik kepramukaan, wawasan dan pengetahuan yang baru tentang leadership. “Semoga bisa menambah pengalaman kami dalam berpramuka,” ucapnya.–dwi/iq