DIPA harus Tepat Waktu dan Tepat Sasaran

Demak – Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama merupakan realisasi dari program yang sudah direncanakan dalam satu tahun ke depan yang didanai melalui DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Kementerian Agama yang disusun oleh Pengguna Anggaran/ Kuasa Pengguna Anggaran, demikian disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kab. Demak Ahmad Samsudin, pada saat apel pagi di Halaman Kantor, Senin (01/10).

Samsudin mengatakan, DIPA berlaku untuk satu Tahun Anggaran yang berfungsi sebagai dasar pelaksanaan Kegiatan dan penggunaan Anggaran, disamping itu DIPA dapat dimanfaatkan sebagai alat pengendali, pelaksanaan, pelaporan, pengawasan dan sekaligus merupakan perangkat akuntansi pemerintah. “Pagu dalam DIPA merupakan batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanaannya harus dapat dipertanggung jawabkan, jelasnya, disamping itu Kemenag Kab. Demak sudah menyelesaikan Serapan DIPA Tahun 2018 mencapai 75 %, hal ini termasuk penyerapan dana BOS Madrasah Swasta sudah 100%, Pembayaran TPG Guru PNS maupun Non PNS baru bulan Juni 2018,” kata Samsudin.

“Pada semester I Kantor Kemenag Kab. Demak mendapatkan penghargaan dari KPPN Kudus, sebagai Kategori Satker Pengelola Realisasi Anggaran terbaik dan Kategori Satker Pengelola Rekonsiliasi dan LPJ terbaik, dari 100 satker yang tersebar di 3 Kabupaten yaitu, Kabupaten Demak, Jepara dan Kudus,” papar Kepala Kantor.

Samsudin juga memberikan Apresiasi Kepada Jajarannya yang sudah bekerja keras sehingga pantas kalau penghargaan ini kita dapat, katanya. Penghargaan apapun yang di dapat pasti ada upaya yang sungguh-sungguh, ini diberikan dalam rangka memacu prestasi dalam hal pengelolaan DIPA. untuk itu siapa saja yang diberi tugas untuk pengelolaan DIPA agar bisa bekerja dengan baik dan tepat waktu dan prestasi ini bisa dipertahankan sampai akhir semester II.

“Pengelolaan DIPA supaya dilaksanakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab, sehingga penyerapan anggaran DIPA bisa maksimal dan tepat waktu sesuai yang sudah dijadwalkan,” pungkasnya. (msfk/gt)