Dirgahayu Kota Pekalongan ke-111

Kota Pekalongan –  Pada peringatan Hari jadi Kota Pekalongan  ke-111 tahun ini, Wali Kota Pekalongan Achmad Alf Arslan Djunaid mengajak masyarakat untuk bersama- sama membangun Kota Pekalongan agar lebih baik. Wali Kota Pekalongan mengatakan, peringatan HUT ke-111 Kota Pekalongan diharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat Kota Pekalongan. Karena itu, pada penyelenggaraannya melibatkan masyarakat Kota Pekalongan.Kegiatan perayaan HUT ke 111 Kota Pekalongan di tahun ini  mengusung tema Brayan Kerja Mengolah Kreativitas Budaya Mendorong Bangkitnya Ekonomi Terciptanya Kesejahteraan Bersama”.

“HUT Pekalongan untuk warga. Benar-benar untuk warga. Karena itu, dalam penyelenggaraannya, kami tidak melibatkan EO (event organizer) sama sekali,” terangnya.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-111 Kota Pekalongan, tanggal 1 April 2017 dimulai pada 26 Maret dengan penyelenggaraan Lomba Lari 5K (Kilometer) yang diikuti 501 peserta. Setelah itu, pada hari Sabtu (01/04) dilaksanakan istighotsah di Lapangan Jetayu yang diikuti sekitar 1.500 orang. Kemudian pada siang harinya akan diselenggarakan karnaval yang akan diikuti ribuan peserta dari berbagai komunitas. Sebelumnya, pada malam 1 April diadakan khataman Alquran yang diikuti 600 orang. Semua diawali dengan doa, ke depannya diharapkan akan semakin baik. Religiusitas akan semakin dirasakan, kata Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih pada press conference di Ruang Kresna Setda, beberapa waktu lalu.

Istighotsah dipimpin langsung oleh KH Mustofa Bakri, dan diikuti oleh seluruh pejabat Pemkot Pekalongan, Pejabat Kankemenag Kota Pekalongan, Ketua dan pengurus FKUB Kota Pekalongan, ulama dan masyarakat yang hadir. Dilanjutkan acara Kirab Budaya sebagai prosesi resepsi HUT ke-111 Kota Pekalongan, masyarakat Kota Pekalongan antusias memadati kawasan yang dilalui peserta kirab menuju kawasan Budaya Jatayu.

Walikota Pekalongan A Alf Arslan Djunaid, dalam sambutannya mengatakan, dengan istighotsah bersama mengajak masyarakat untuk ikut mendoakan para pendahulu yang sudah memperjuangkan dan membangun Kota Pekalongan. Juga berdoa agar kondisi Kota Pekalongan yang sudah baik agar semakin baik lagi. “Kita berdoa bersama melalui istighotsah untuk Kota Pekalongan yang lebih baik lagi, Tahun ini kita peringati hari jadi Kota Pekalongan dengan sederhana, kita tidak mengundang pejabat dari pusat. Kita peringati hari jadi Kota Pekalongan yang ke 111 ini dengan melibatkan komunitas masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan,” kata Alex Alf Arslan Djunaid.

Pada kesempatan tersebut, Plt Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan Mohamad Yahya mengucapkan selamat dan sukses atas hari jadi Kota Pekalongan ke 111.

Dengan iringan do’a, semoga Kota Pekalongan semakin maju, masyarakatnya semakin kondusif, ekonomi meningkat dan sejahtera dan semoga tercipta  kerukunan umat beragama, semakin meningkat pengamalan kerukunan umat beragama.(ms/rf).